No |
Pertanyaan Lanjutkan pernyataan ini… |
1 |
Hari ini saya belajar ...Menjadi guru yang displin mengatur waktu, dapat mengambil pembelajaran bermanfaat dari setiap kejadian, apa yang dilihat dan apa yang diraskan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari kehari. Betapa kepala sekolah memegang peranan
penting dalam melakukan tranformasi merdeka belajar di sekolah. Karena kepala
sekolah mempunyai kekuasaan mengajak guru-guru di sekolah dalam melakukan
transformasi pendidikan.
Aset lingkungan sangat berpotensi dalam
pembelajaran berbasis masalah sebagai langkah transformasi merdeka belajar di
sekolah.
Untuk melakukan perubahan hanya
membutuhkan satu pertanyaan pemantik, apa yang bisa saya lakukan untuk
merubah pembelajaran saya di kelas menuju merdeka belajar? Bukan apa yang bisa saya ambil dari
sekolah.
Apa yang dimaksud dengan praktik baik: Praktik baik adala praktik pembelajaran
yang tidak memaksa murid, berdampak positif pada murid, mengakomodasi
kebutuhan murid, dan membuat anak bahagia menggunakan metode pembelajaran
yang kreatif dan inofatif Suatu praktik pembelajaran dapat
dikatakan praktik baik, jika pembelajaran tersebut dapat ditiru atau
direaplikasi di sekolah lain
Poin praktik baik: 1.
Berpihak
pada murid/ apa yang dibutuhkan murid, bukan apa yang guru pikir, murid
butuhkan 2.
Berdampak
murid, bukan sekedar konsep yang penting program jalan, yang penting adalah
adanya perubahan positif dari murid. 3.
Dapat
ditiru dan direaplikasikan di sekolah-sekolah lain Bentuk praktik baik dengan alur ATAP
A = AWAl terdiri dari: Aset Potensi awal yang dapat dioptimalkan
untuk membuat suatu prakarsa perubahan Murid punya potensi apa yang bisa
diberdayakan Hal-hal positif yang bisa dikembangkan Bukan kekurangan Misal : Anak punya potensi musik
T =TANTANGAN Keresahan yang perlu dilampaui agar
potensi atau aset dapat dioptimalkan Misal ingin optimalkan
Misal ; sekolah nggak punya alat musik
A= AKSI Hal yang menceritakan apa yang dilakukan
guru untuk mewujudkan harapan di awal. Apa yang guru lakukan untuk menjawab
tantangan sekaligus mewujudkan impian di tahap awal Misal : beli alat musik
P=PELAJARAN Pembelajaran yang bisa diambil dari aksi
Perubahan apa yang diharapkan
|
2 |
Hal yang paling membuat tertarik pada hari ini ketika ...Sesi berbagi praktik baik tentang
pembelajaran yang memerdekakan di sekolah-sekolah di Kab.Tangerang kelas 16 B
secara maya
1. Separo Pagi, Pembiasaan setiap pagi
Senyum, sapa di pagi hari. Guru menanti murid di depan gerbang di SDN
Sindangpanon I dan Sindang Panon II Setiap
Selasa ada literasi mandiri atau literasi bersama. Kamis
olahraga bersama Jumat
: penampilan kreasi anak 2.
Sekolahnya
Pak Isa. Melakukan kolaborasi dengan POMG misal outingclass, menghias kelas,
dan membuat proyek bersama. 3.
Sekolanya
bu Sri Wahyuni, SMA Citra Berkat. Menggunakan pembelajaran learning cycle - exploring - planning -
doing - communicating- reflecting - evaluating. Program student wellbeing didukung dengan program positif pals dengan guru sebagai pals atau rekan siswa bertukar pikiran,
diskusi antara murid dan guru sebagai mentor. 4.
Bu
Ismiyah SMA : pembelajaran flipclassroom, materi pembelajaran matematika Menggunakan
video pembelajaran yang dibuat sendiri atau diambil dari video di you tube.
Anak menjadi percaya diri untuk presentasi di depan kelas. Program
sekolah : budaya positif : GPS (guru penyambut siswa”) secara bergiliran di
depan kelas, menangani masalah Jumat
berkah : 07.00-07.45 melakukan literasi Al Quran di pekan 1 dan 3 Jumat
Sehat di pekan 2 dan 4
|
3 |
Hal tersulit yang terjadi pada saya hari ini ketika ...Membagi waktu antara mengerjakan tugas
diklat CPP dengan mengajar di kelas. Akhirnya disiasati mengerjakan di malam
hari, kadang mepet waktu deadline. |
4 |
Saya bangga kepada diri saya hari ini ketika ...Saya dapat hadir di kelas maya tepat
waktu, dapat menjadi ibu dan istri yang baik di pagi hari. Dapat menulis
refleksi ini sambil mendengarkan teman-teman berbagi praktik baik di ruang
maya. Dapat mengambil pelajaran dari video di elaborasi pemahaman untuk
diterapkan di sekolah saya, tentu saja dengan prinsip ATM sesuai dengan
karakteristik sekolah tempat saya mengajar |
5 |
Saya ingin tahu lebih banyak tentang ...Menjadi pemimpin yang dapat melakukan
transformasi pendidikan merdeka belajar. Metode coaching yang efektif Merubah tanpa menggurui |
6 |
Satu hal yang ingin saya coba adalahMelakukan pembelajaran berbasis lingkungan dan kelas inspirasi bersama wali murid atau tokoh di lingkungan sekolah saya. Memodifikasi praktik baik yang saya dapatkan baik dari video di LMS maupun hasil berbagi dengan sesama CPP untuk saya terapkan di sekolah saya. |
0 komentar:
Posting Komentar