Kamis, 09 Februari 2023

Refleksi Modul 1.4. Bimtek Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 8 Gelombang 2

 1. Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.4.?

Saat melakukan aktifitas di modul 1.4 tentang Budaya Positif, saya diingatkan kembali tentang pentingnya displin positif, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia , dan segitiga restitusi.  Ada hal baru di angkatan ini, tentang restitusi lima posisi kontrol dan dunia berkualitas. Setiap perilaku anak selalu mempunyai motivasi. Tak selamanya  perilaku  yang nampak menjadi karakter anak. Bisa jadi ada kebutuhan dasar yang belum terpenuhi sehingga murid melakukan tindakan yang dimata kita kurang baik. Sehingga kita sebagai guru dituntut mempunyai kecerdasan emosi tinggi, tidak serta merta menjustifikasi. 
Di modul ini juga saya  diingatkan kembali, bahwa ketika memberikan penghargaan kepada murid, murid harus tahu, penghargaan dari guru itu untuk perilaku apa. Contohnya, selain memberikan bintang penghargaan, katakan kepada murid, "Selamat ya, atas keberhasilanmu menyelesaikan soal ini tepat waktu!"

2. Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Untuk perbaikan fasiliasi CGP, saya harus berusaha menjadi pribadi yang displin.Konsekuen dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama. Selalu berkomunikasi jika ada perubahan jadwal . Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan saya berusaha melakukan komunikasi dua arah secara langsung, tidak melalui pesan whatsapp, Hal ini untuk  memastikan kondisi emosi CGP ketika berkomunikasi dalam keadaan stabil/baik. Karena kadang kala, pesan melalui whatsapp bisa menimbulkan salah persepsi. Maunya A yang ditangkap penerima pesan jadi B.
 saya akan berusaha mendiskusikan segala permasalahan yang dihadapi CGP dengan pandangan positif. Mempraktikkan coahing dengan baik. Tidak langsung memberikan saran atau menjustifikasi.

0 komentar:

Posting Komentar