Senin, 20 Februari 2023

Refleksi Hari Ke-11 Bimtek Calon Pengajar Praktik Angkatan 8 Gelombang 2

 


1.    Keterkaitan materi yang sudah saya pelajari dengan peran saya sebagai calon pengajar praktik

 

Sebagai seorang calon pengajar praktik yang mempunyai peran mendampingi calon guru penggerak dalam masa pendidikannya. Ketrampilan coaching sangat bermanfaat sebagai salah satu modal sukses mengembangkan potensi CGP ketika merencanakan, merefleksi, mengkalibrasi program yang dibuat. Pun dapat  mengcoaching CGP ketika menemui masalah di jalan.

 

2.    Ada ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang sudah saya jalankan selama ini

Beberapa materi tentang perbedaan coaching dengan konseling, mentoring, training dan fasilitasi merupakan hal baru yang semakin menajamkan pemahaman saya, betapa pentingnya ketrampilan coaching dimiliki setiap guru dan pengajar praktik. Selain untuk mengembangkan potensi murid pun dapat mengembangkan rekan sejawat sehingga ekosistem sekolah tumbuh menjadi ekosistem yang lebih berkualitas dan berpihak pada kemerdekaan belajar murid.

 

3.    Konsep utama yang saya pelajari yang penting terus Saya bawa selama menjalankan peran menjadi guru dan pengajar praktik

 

Konsep-konsep utama yang penting terus Saya bawa selama menjalankan peran menjadi pengajar praktik antara lain:

a.    Ketrampilan coaching dimulai dari mindset seorang coach (fokus pada coachee, bersikap terbuka dan ingin tahu lebih banyak, memiliki kesadaran diri, dan saya membantu coachee melihat peluang-peluang baru),

b.    kompetensi coaching meliputi presence, mendengarkan aktif dan mengajukan pertanyaan berbobot

c.    Ketrampilan emosi yang positif

d.    Mendengarkan dengan RASA , recieve, acknowledge, summarize, dan ask

e.    Prinsip-prinsip coaching (kemitraan, percakapan kreatif dan memaksimalkan potensi

f.     Berusaha tidak memberikan solusi tetapi memberikan pertanyaan memberdayakan

g.    Memahami beberapa alur coaching seperti TIRTA (tetapkan tujuan, identifikasi, reality, dan tanggung jawab) dan GROW (goal, reality, option dan will)

4.    Sebuah perubahan dalam diri Saya yang ingin saya lakukan setelah pembelajaran pada hari ini

Sebuah perubahan dalam diri Saya yang ingin saya lakukan setelah pembelajran ini, berlatih ketrampilan coaching secara terus menerus, dimulai dari coaching terhadap murid, dan rekan sejawat

0 komentar:

Posting Komentar