Selasa, 21 Februari 2023

Refleksi hari ke 12 Bimtek CPP Angkatan 8 Gelombang 2 ( Refleksi Metode Cuaca)

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.



Apa saja hal-hal yang telah berjalan dengan baik?

Mengikuti sesi sinkronus dari jam 7 pagi sampai jam 16.00 WIB.

 

Praktik supervisi akademik dengan coaching

 

 

2.



Apa saja hal-hal yang menantang?

Mengasah ketrampilan coaching dengan alur TIRTA dan supervisi memberdayakan dengan coaching

 

Memberikan umpan balik dengan metode EPIK

 

3.



Apakah ada hal-hal yang membuat Anda tidak dapat melihat dengan jelas, atau tidak yakin apa yang harus dilakukan?

Saya agak bingung ketika mau praktik supervisi akademik menggunakan coaching, karena pemahaman saya dengan teman sekelompok agak berbeda. Bagi saya praktik supervsi akademika dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru. Dan satu lagi anggota kelompok menjadi media. Media ini bisa jadi guru atau murid, tergantung dari kompetensi yang ingin dikembangkan guru ketika disupervisi

4.



Apakah ada hal-hal yang berbeda dari yang Anda ketahui/lihat selama ini?

Setelah mengikuti sesi Modul 5, tentang penetapan tujuan, refleksi dan umpan balik saya mendapatkan ilmu baru. Tadinya saya berpikir bahwa tujuan itu sesuatu hnaya dilisankan saja tanpa perlu ditulis dan mustahil diwujudkan, dan tidak bisa berubah. Ternyata menetapkan sebuah tujuan dengan menuliskannya membuat saya berusaha semaksimal mungkin mewujudkan tujuan tersebut. Saya merasa mempunyai tanggung jawab terhadap tujuan yang telah saya tulis.

 

Saya berpikir refleksi itu sesuatu yang menguliti diri sendiri, mencari kesalahan dan kekurangan diri sendiri. Ternyata refleksi itu sebagai satu langkah untuk kita bisa tetap konsisten meraih tujuan yang telah saya tulis. Menuliskan mana yang sudah saya lakukan, hambatan apa yang saya teui, pembelajaran dan ide apa yang bisa saya terapkan di masa yang akan datang. Menuliskan refleksi secara rutin membuat saya semakin mahir mengungkapkan pikiran dan perasaan, Dan ini membuat saya menajadi rileks dan bahagia

 

Dulu, umpan balik bagi saya adalah seperti kritikan atau mencari kesalahan atau mencari kelemahan saya. Namun setelah belajar coaching supervisi yang memberdayakan dan modul 5, saya tercerahkan. Bahwa sejatinya umpan balik adalah sebuah proses untuk menumbuhkan sesuatu yang belum tumbuh.Menggali potensi yang  belum teroptimalkan, sekaligus sebagai bahan memperbaiki diri sendiri maupun pekerjaan saya.

 

5.



Apakah ada hal-hal yang mengejutkan Anda?

Ternyata supervisi bukan mencari kesalahan guru. Namun bisa memberdayakan guru jika menggunakan metode coaching.

 

Supervisi yang dilakukan secara benar dapat meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran di sekolah

 

6.



Apakah ada sesuatu yang mengubah Anda, atau menyebabkan Anda mengubah apa yang telah Anda ketahui sebelumnya?

Menuliskan tujuan dapat memacu saya untuk komitmen meraihnya.

 

Self asesmen itu penting untuk mengukur ketercapaian rencana dengan hasil. Pun tujuan dengan pelaksanaan serta kompetensi diri dapat terukur dengan self asesmen dan umpan balik positif.

7.



Apakah ada konflik selama pembelajaran berlangsung? Mengapa dan bagaimana Anda menanggapinya?

 

Ada sedikit perbedaan pendapat ketika  kelompok dua akan praktik supervisi akademik menggunakan metode coaching.

 

Saya berusaha mencari jalan tengah sesuai pemahaman mereka, namun tidak meninggalkan panduan yang ada di lms

0 komentar:

Posting Komentar