1. Apa
pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas presentasi bedah buku
lokakarya dan pendampingan individu?
Memasuki
hari ke-14 diawali dengan presentasi simulasi lokakarya orientasi oleh kelompok
1. Sementara saya dan teman-teman kelompok 2 -5 menjadi observer. Sambil
menyimak simulasi lokakarya orientasi oleh kelompok 1, kami masih aktif
berdiskusi tentang pembagian peran terkait simulasi PI 1, menanyakan kesiapan
peran yang sudah disepakati hari sebelumnya. Dan merencanakan plan B jika Plan
A tidak berjalan dengan baik, entah karena kendala sinyal akibat hujan deras,
atau ada amanah lain yang tidak bisa ditinggalkan oleh anggota kelompok.
Memang ada sedikit perbedaan, pelaksanaan lokakarya di buku panduan
seharusnya luring, tetapi harus disimulasikan secara daring. Dan ini membutuhkan
kreatifitas, kerja sama dan pembagian peran yang baik.
Hari ini saya banyak belajar kerjasama dan kolaborasi dalam
mensukseskan sebuah acara itu penting Harus ada satu orang yang maju sebagai pemimpin
dalam kelompok. Sukses sebuah acara bukan karena satu orang, karena partisipasi
semua pihak yang terlibat dalam acara.
Empat belas hari saya diajarkan untuk displin waktu, tidak
menunda-nunda pekerjaan. Menjaga kesehatan agar semua jadwal yang sudah disusun
berjalan lancar. Pun saya diajarkan rutin menulis refleksi setiap hari.
Menuliskan refleksi selain sebagai cermin diri untuk berubah menjadi lebih baik
lagi, juga dapat melihat kekurangan dan kebaikan dalam pembelajaran di kelas.
Sehingga saya sebagai gurtu tumbuh menjadi guru yang selalu memperbaiki diri
dalam mendidik dan memfasilitasi tumbuh kembang murid menuju murid yang
berkarakter Profil Pelajar Pancasila.
Selain itu menulis apa saja yang dirasakan merupakan satu cara
menghindari stress. Karena dengan menuliskan apapun yang dirasakan, perasaan menjadi
plong dan bebas dari beban yang mengganjal perasaan.
Selalu menjalin komunikasi positif terhadap pasangan, anak,
rekan sejawat dan kepala sekolah ketika mengikuti diklat apapun. Menyerahkan
surat tugas dari kepala dinas pendidikan kepada kepala sekolah untuk
menghindari kesalahpahaman.
Melihat simulasi yang dipresentasikan kelompok 1, 3 dan 4 saya
mendapatkan pembelajaran bahwa saya harus mengulang buku panduan sampai benar-benar
saya pahami langkah demi langkah. Memahami materi yang akan disampaikan saat
lokakarya. Manajemen waktu ditiap sesi saat lokakarya. Pun menyiapkan jurnal
pendampingan individu untuk mencatat setiap hasil diskusi dengan CGP agar setiap
perubahan CGP dapat terdokumentasikan dengan baik.
Saat mau mengunggah refleksi mati
lampu karena hujan dan geledek. Berdoa dalam hati semoga sebelum jam 23.59 WIB
lampu menyala dan bisa ungga tugas refleksi ini Alhamdullah Allah Maha Baik,
lampu menyala 23.20 WIB
Mau keluar cari sinyal hujan dan anak belum tidur.
2. Apa
yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?
Untuk
memperbaiki kegiatan fasilitasi CGP, saat saya menjadi pengajar praktik saya
harus hadir seutuhnya untuk CGP. Baik saat lokakarya dan pendampingan individu.
Berusaha menjadi coach, mentor dan fasilitator yang baik untuk CGP. Menyiapkan jurnal pendampingan bagi setiap CGP
yang saya dampingi. Tidak menunda pekerjaan laporan hasil lokakarya maupun
pendampingan individu. Menilai CGP secara obyektif berdasarkan capaian yang telah diraih serta menghargai setiap
proses perubahan dalam diri CGP secara positif. PR saya setelah 14 hari Bimtek
ini adalah belajar membuat portopolio digital menggunakan google site, agar
saat tiba amanah menjadi pengajar praktik saya dapat memandu CGP membuat
portopolio digital menggunakan google site.
Saat mau mengunggah refleksi mati
lampu karena hujan dan geledek. Berdoa dalam hati semoga sebelum jam 23.59 WIB
lampu menyala dan bisa ungga tugas refleksi ini
0 komentar:
Posting Komentar