Kamis, 23 Februari 2023

Refleksi hari ke 14 Bimtek CPP Angkatan 8 Gelombang 2

 


1.      Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas presentasi bedah buku lokakarya dan pendampingan individu?

Memasuki hari ke-14 diawali dengan presentasi simulasi lokakarya orientasi oleh kelompok 1. Sementara saya dan teman-teman kelompok 2 -5 menjadi observer. Sambil menyimak simulasi lokakarya orientasi oleh kelompok 1, kami masih aktif berdiskusi tentang pembagian peran terkait simulasi PI 1, menanyakan kesiapan peran yang sudah disepakati hari sebelumnya. Dan merencanakan plan B jika Plan A tidak berjalan dengan baik, entah karena kendala sinyal akibat hujan deras, atau ada amanah lain yang tidak bisa ditinggalkan oleh anggota kelompok.

Memang ada sedikit perbedaan, pelaksanaan lokakarya di buku panduan seharusnya luring, tetapi harus disimulasikan secara daring. Dan ini membutuhkan kreatifitas, kerja sama dan pembagian peran yang baik.

Hari ini saya banyak belajar kerjasama dan kolaborasi dalam mensukseskan sebuah acara itu penting Harus ada satu orang yang maju sebagai pemimpin dalam kelompok. Sukses sebuah acara bukan karena satu orang, karena partisipasi semua pihak yang terlibat dalam acara.

Empat belas hari saya diajarkan untuk displin waktu, tidak menunda-nunda pekerjaan. Menjaga kesehatan agar semua jadwal yang sudah disusun berjalan lancar. Pun saya diajarkan rutin menulis refleksi setiap hari. Menuliskan refleksi selain sebagai cermin diri untuk berubah menjadi lebih baik lagi, juga dapat melihat kekurangan dan kebaikan dalam pembelajaran di kelas. Sehingga saya sebagai gurtu tumbuh menjadi guru yang selalu memperbaiki diri dalam mendidik dan memfasilitasi tumbuh kembang murid menuju murid yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila.

Selain itu menulis apa saja yang dirasakan merupakan satu cara menghindari stress. Karena dengan menuliskan apapun yang dirasakan, perasaan menjadi plong dan bebas dari beban yang mengganjal perasaan.

Selalu menjalin komunikasi positif terhadap pasangan, anak, rekan sejawat dan kepala sekolah ketika mengikuti diklat apapun. Menyerahkan surat tugas dari kepala dinas pendidikan kepada kepala sekolah untuk menghindari kesalahpahaman.

Melihat simulasi yang dipresentasikan kelompok 1, 3 dan 4 saya mendapatkan pembelajaran bahwa saya harus mengulang buku panduan sampai benar-benar saya pahami langkah demi langkah. Memahami materi yang akan disampaikan saat lokakarya. Manajemen waktu ditiap sesi saat lokakarya. Pun menyiapkan jurnal pendampingan individu untuk mencatat setiap hasil diskusi dengan CGP agar setiap perubahan CGP dapat terdokumentasikan dengan baik.

Saat mau mengunggah refleksi mati lampu karena hujan dan geledek. Berdoa dalam hati semoga sebelum jam 23.59 WIB lampu menyala dan bisa ungga tugas refleksi ini Alhamdullah Allah Maha Baik, lampu menyala 23.20 WIB

Mau keluar cari sinyal hujan dan anak belum tidur.

2.      Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Untuk memperbaiki kegiatan fasilitasi CGP, saat saya menjadi pengajar praktik saya harus hadir seutuhnya untuk CGP. Baik saat lokakarya dan pendampingan individu. Berusaha menjadi coach, mentor dan fasilitator yang baik untuk CGP.  Menyiapkan jurnal pendampingan bagi setiap CGP yang saya dampingi. Tidak menunda pekerjaan laporan hasil lokakarya maupun pendampingan individu. Menilai CGP secara obyektif berdasarkan capaian  yang telah diraih serta menghargai setiap proses perubahan dalam diri CGP secara positif. PR saya setelah 14 hari Bimtek ini adalah belajar membuat portopolio digital menggunakan google site, agar saat tiba amanah menjadi pengajar praktik saya dapat memandu CGP membuat portopolio digital menggunakan google site.

Saat mau mengunggah refleksi mati lampu karena hujan dan geledek. Berdoa dalam hati semoga sebelum jam 23.59 WIB lampu menyala dan bisa ungga tugas refleksi ini

0 komentar:

Posting Komentar