Rabu, 08 Februari 2023

Refleksi Modul 1.2. Bimtek Calon Pengajar Praktik Angkatan 8 Gelombang 2






1. Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.2

Pelajaran yang saya peroleh selama melakukan aktifitas di modul 1.2. tentang  Nilai dan Peran Guru Penggerak bahwa setiap anak mempunyai nilai-nilai kebajikan universal, terlepas dari mana ia berasal dan beragama apa. Nilai-nilai kebajikan universal ini terkadang masih belum muncul pada diri anak. Orang tua dan gurulah yang berperan memunculkan nilai-nilai kebajikan itu. Sebagaimana Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan anugerah otak kepada setiap manusia, ada otak reptil, otak luhur dan sistem limbik. Gambaran otak luhur adalah 4 jari tertutup, merepresentasikan betapa  otak luhur murid masih belum muncul. Jika kita menemui kasus anak yang bermasalah, misal suka mencuri, bisa jadi sebenarnya anak tersebut belum paham, mencuri itu perbuatan jelek. Atau bisa jadi kebutuhan dasar anak tersebut belum tercukupi. Anak berangkat dari rumah dalam keadaan lapar, sampai sekolah melihat teman makan, akhirnya untuk memenuhi kebutuhan fisik, ia mengambil makanan orang lain.
Dalam modul 1.2 ini, saya pun diingatkan bahwa setiap anak membutuhkan kasih sayang dan rasa diterima. Merekapun membutuhkan pengakuan atas kemampuan dan kebebasan dalam membuat pilihan. Serta anak mempunyai kebutuhan untuk merasa senang  ketika belajar. 
Transformasi pendidikan akan bermuara pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.

Pada modul 1.2 ini saya diharapkan dapat ''berpikir sistem". Dapat menjadi teladan dan memahami perubahan dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan ekosistem sekolah. Senantiasa melakukan refleksi atas capaian. Fokus dalam mengoptimalkan aset sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Bersinergi dan kolaborasi dengan semua stakeholder 

2. Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP 

Yang akan saya lakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi terkait modul 1.2. adalah mengenali potensi CGP yang saya dampingi. Menumbuhkan potensi tersebut agar bisa bersinergi dengan aset yang dimiliki sekolah. Fokus pada kelebihan CGP dan sekolah bukan pada kekurangan. Memberikan  motivasi dalam menuntaskan semua unggahan tugas di LMS. Menjadi teman berbagi, diskusi dan sinergi dalam menuntaskan program PPGP dan mensukseskan tranformasi pendidikan demi terwujudnya profil pelajar Pancasila. 

0 komentar:

Posting Komentar