Jumat, 17 Februari 2023

Koneksi Antar Materi Modul 3 Teknik Fasilitasi dan Pendampingan (Bimtek CPP Angkatan 8 Gelombang 2 )

 

Salah alur yang harus ditempuh calon guru penggerak adalah mengikuti lokakarya  baik dari maupun luring. Agar calon guru penggerak dapat mencapai tujuan yang diinginkan, pengajar praktik melakukan fasilitasi yang baik saat lokakarya. Oleh karena itu sangat penting bagi Calon pengajar praktik untuk menguasai prinsip-prinsip fasilatasi yang baik, menguasai dialog yang memberdayakan, menjadi pemandu yang baik bukan ‘patron’, memiliki sikap dasar fasilitator yang mempunyai kesadaran diri, demokratis, sistematis, observatif, empati, percaya diri, terbuka, obyektif dan fokus pada tujuan sesi fasilitasi.

Selain itu, seorang fasilitator yang baik berusaha meminimalisir kesalahan supaya CGP tidak menarik diri dan mampu mengembangkan dirinya menjadi seorang pemimpin menuju tranformasi pendidikan. Seorang pengajar praktik harus menguasai ketrampilan menyimak, bertanya, refleksi dan mengonfirmasi. Yang tak kalah penting fasilitator/pengajar praktik hendaknya menguasai 6 kompetensi fasilitator yaitu mampu melibatkan peserta berpartisipasi, membangun interaksi dua dua arah yang positif, mampu menggunakan alat visualisasi daring dan luring, mampu mengelola dinamisasi fasilitasi agar efektif, mampu menarik kesimpulan/konklusi dan mampu merancang proses fasilitasi.

 

Jika seorang pengajar praktik mampu mengelola fasiliatasi dengan efektif dan efisien maka tujuan fasilitasi dapat tercapai dengan maksimal. Peserta pun mendapatkan tujuan yang disepakati bersama dalam tiap sesi, niscaya dapat mempermudah terwujudknya  kepemimpinan yang memerdekakan berkarakter profil pelajar Pancasila di Indonesia dimulai dari diri calon guru penggerak.

0 komentar:

Posting Komentar