Rabu, 15 Februari 2023

Refleksi Hari ke-8 Bimtek Pembekalan CPP Angkatan 8 Gelombang 2 (4P)

 Memasuki hari ke delapan kami calon pengajar praktik diminta membuat refleksi menggunakan 4P  yang terdiri dari :

  1. Peristiwa
  2. Perasaan
  3. Pembelajaran
  4. Pembelajaran yang akan dapat digunakan di masa depan
Adapun refleksi saya di hari ke delapan ini sebagai berikut:

1.    Peristiwa

Pagi ini diawali menjadi istri yang baik, memasak dan menyediakan bekal buat suami. Allah Maha Baik, hari ini suami berangkat keluar kota, tidak bisa mengantar anak sekolah. Alhamdulillah anak libur, jadi bisa masuk kelas maya tepat waktu.

Dua jam mengikuti sesi berbagi praktik baik dengan alur ATAP

Selanjutnya  masuk sesi asinkronus Modul 2. Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan. Dimulai dari sesi Mulai dari diri, dengan menjawab seputar pertanyaan tentang beberapa aksi perubahan yang sudah pernah dilakukan.

Sesi sinkronus selanjutnya pukul 13.00 WIB, masuk Eksplorasi konsep dan Ruang Kolaborasi sampai pukul 16.30. bersama instrukur Bapak Eka

2.    Perasaan

Saya merasa bahagia dan bersyukur dapat belajar berbagai hal yang baru. Dari belajar cara membuat prakarsa perubahan praktik baik dengan ATAP dan BAGJA dari Instruktur ibu Nisa dan Pak Eka serta teman-teman hebat, calon pengajar praktik angkatan 8 gelombang 2. Bahagia dapat berkolaborasi di kelompok 1 dalam waktu singkat dapat mempresentasikan ATAP dan BAGJA dengan baik. Ternyata kemampuan kolaborasi secara digital dapat mempermudah kolaborasi.

3.    Pembelajaran

a.    Saya mendapatkan pembelajaran dari Pak Isa Darmawan tentang menulis karya ilmiah (PTK). Untuk mulai menginisiasi kebiasaan menulis untuk guru. Dari sesuatu yang menyenangkan

b.    Mendapatkan inspirasi membiaskan membaca sebelum belajar dimulai dengan menyediakan buku-buku yang menarik, literasi bersama dan literasi mandiri.

c.    Untuk memfasilitasi murid yang suka ngobrol dan bermain, Bu Indana membuat pembelajaran dengan

d.    Untuk metode prakarsa ATAP, jangan hanya menyajikan harapan, tapi menambahkan aset, latar belakang, tujuan di tahap Awal (A). Untuk Pelajaran tidak hanya dituliskan capain hasil belajar, namun tambahkan refleksi di bagian Pelajaran (P). Ketika menuliskan praktik baik di bagian Aksi , pastikan bahwa kegiatan di bagian Aksi merupakan jawaban dari  Awal yang telah dituliskan. Dan tuliskan langkah-langkah yang diambil dijelaskan lebih rinci lagi.

e.    Pastikan ketika membuat praktik baik dengan ATAP, praktik baik tersebut langsung berdampak positif pada murid di sekolah

f.     Dapat inspirasi dari bu Ihah untuk memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang sudah dibeli sekolah.

g.    Saya mendapatkan inspirasi dari Pak Dede untuk memanfaatkan aset lingkungan sekolah dalam pembelajaran bermakna buat murid

h.    Mendapatkan inspirasi dari bu Nila tentang pemanfaatan lahan sekolah

i.     Mendapatkan inspirasi dari Pak Lesmana, pembelajaran berbasis kearifan lokal Sunda terutama Banten,

j.     Membuat podcast sekolah oleh sekolah SMA

k.    Sesi Modul 2 : bagaimana seorang guru dapat bekerja sama dengan rekan sevisi, agar murid dapat mengekplorasi kemampuan murid agar murid dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya menuju “wellbeing murid”

m. 3 kunci elemen Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendididkan adalah inisatif, pemimpin dan pengikut

Guru penggerak bukan hanya label, namun selalu menjaga komitmen untuk melakukan perubahan di sekolah dan kelasnya.

n.    Ketika menjadi PP akan mendampingi CGP so, peran PP adalah inisiator, dan CGP menjadi pengikut. CGP dapat melakukan transformasi pendidikan di kelasnya masing-masing menuju sekolahnya.

o.    Perubahan tidak harus dari atas ke bawah, namun bisa dilakukan di sekolahnya masing-masing. Tujuannya ‘wellbeing’ murid kesejahteraan dan kebahagiaan murid.



p.    Pembelajaran dari  quote di atas :

·        Kolaborasi antara pemerintah pusat dan guru di lapangan untuk melakukan transformasi pendidikan

·        Obor di Jakarta diibaratkan kemudahan fasilitas pendidikan di perkotaan

q.    Saya bermimpi sejak tahun 2019, mengintegrasikan pembelajaran digital di sekolah saya. Pandemi menyapa saya bersyukur anak murid saya bisa melakukan US dengan g.form yang saya tautkan diblog. Namun baru tahun 2021 semua guru dipaksa kepala sekolah untuk membuat PTS menggunakan g.form...’

r.     BAGJA dimulai dari pertanyaan, karena dengan pertanyaan, kita selanjutnya harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuat.

s.    Poin penting yang harus digaris bawahim, siapa melakukan apa?

t.     Prakarsa perubahan diawali dengan kata kerja. Kalimat yang merupakan suatu pekerjaan. Memakai kata kerja

 

 

4.    Pembelajaran dapat digunakan di masa depan

a.    Pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan aset sekolah terutama tentang pengelolaan sampah di sekolah.

b.    Membuat inisiatif perubahan dengan kanvas BAGJA yang berfokus pada pembelajaran yang memerdekakan murid berpijak pada kekuatan aset yang dimiliki sekolah, baik aset manusia, sarana prasarana, aset lingkungan, aset sosial budaya, dan politik.

c.    Semakin meningkatkan kompetensi digital untuk mempermudah kolaborasi secara digital.


0 komentar:

Posting Komentar