Memasuki hari ke delapan kami calon pengajar praktik diminta membuat refleksi menggunakan 4P yang terdiri dari :
- Peristiwa
- Perasaan
- Pembelajaran
- Pembelajaran yang akan dapat digunakan di masa depan
1. Peristiwa
Pagi
ini diawali menjadi istri yang baik, memasak dan menyediakan bekal buat suami.
Allah Maha Baik, hari ini suami berangkat keluar kota, tidak bisa mengantar
anak sekolah. Alhamdulillah anak libur, jadi bisa masuk kelas maya tepat waktu.
Dua
jam mengikuti sesi berbagi praktik baik dengan alur ATAP
Selanjutnya
masuk sesi asinkronus Modul 2.
Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan. Dimulai dari sesi Mulai dari diri,
dengan menjawab seputar pertanyaan tentang beberapa aksi perubahan yang sudah
pernah dilakukan.
Sesi
sinkronus selanjutnya pukul 13.00 WIB, masuk Eksplorasi konsep dan Ruang Kolaborasi sampai pukul 16.30. bersama instrukur Bapak Eka
2. Perasaan
Saya
merasa bahagia dan bersyukur dapat belajar berbagai hal yang baru. Dari belajar
cara membuat prakarsa perubahan praktik baik dengan ATAP dan BAGJA dari
Instruktur ibu Nisa dan Pak Eka serta teman-teman hebat, calon pengajar praktik
angkatan 8 gelombang 2. Bahagia dapat berkolaborasi di kelompok 1 dalam waktu
singkat dapat mempresentasikan ATAP dan BAGJA dengan baik. Ternyata kemampuan kolaborasi
secara digital dapat mempermudah kolaborasi.
3. Pembelajaran
a. Saya mendapatkan pembelajaran dari Pak Isa
Darmawan tentang menulis karya ilmiah (PTK). Untuk mulai menginisiasi kebiasaan
menulis untuk guru. Dari sesuatu yang menyenangkan
b. Mendapatkan inspirasi membiaskan membaca
sebelum belajar dimulai dengan menyediakan buku-buku yang menarik, literasi
bersama dan literasi mandiri.
c. Untuk memfasilitasi murid yang suka
ngobrol dan bermain, Bu Indana membuat pembelajaran dengan
d. Untuk metode prakarsa ATAP, jangan hanya
menyajikan harapan, tapi menambahkan aset, latar belakang, tujuan di tahap Awal
(A). Untuk Pelajaran tidak hanya dituliskan capain hasil belajar, namun
tambahkan refleksi di bagian Pelajaran (P). Ketika menuliskan praktik baik di
bagian Aksi , pastikan bahwa kegiatan di bagian Aksi merupakan jawaban dari Awal yang telah dituliskan. Dan tuliskan
langkah-langkah yang diambil dijelaskan lebih rinci lagi.
e. Pastikan ketika membuat praktik baik
dengan ATAP, praktik baik tersebut langsung berdampak positif pada murid di
sekolah
f. Dapat inspirasi dari bu Ihah untuk
memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang sudah dibeli sekolah.
g. Saya mendapatkan inspirasi dari Pak Dede
untuk memanfaatkan aset lingkungan sekolah dalam pembelajaran bermakna buat
murid
h. Mendapatkan inspirasi dari bu Nila tentang
pemanfaatan lahan sekolah
i. Mendapatkan inspirasi dari Pak Lesmana,
pembelajaran berbasis kearifan lokal Sunda terutama Banten,
j. Membuat podcast sekolah oleh sekolah SMA
k. Sesi Modul 2 : bagaimana seorang guru
dapat bekerja sama dengan rekan sevisi, agar murid dapat mengekplorasi kemampuan
murid agar murid dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya menuju “wellbeing
murid”
m. 3 kunci elemen Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendididkan adalah inisatif, pemimpin dan pengikut
Guru penggerak bukan hanya label, namun selalu menjaga komitmen untuk melakukan perubahan di sekolah dan kelasnya.
n. Ketika menjadi PP akan mendampingi CGP so,
peran PP adalah inisiator, dan CGP menjadi pengikut. CGP dapat melakukan transformasi
pendidikan di kelasnya masing-masing menuju sekolahnya.
o. Perubahan tidak harus dari atas ke bawah,
namun bisa dilakukan di sekolahnya masing-masing. Tujuannya ‘wellbeing’ murid
kesejahteraan dan kebahagiaan murid.
p. Pembelajaran dari quote di atas :
·
Kolaborasi
antara pemerintah pusat dan guru di lapangan untuk melakukan transformasi
pendidikan
·
Obor
di Jakarta diibaratkan kemudahan fasilitas pendidikan di perkotaan
q. Saya bermimpi sejak tahun 2019,
mengintegrasikan pembelajaran digital di sekolah saya. Pandemi menyapa saya
bersyukur anak murid saya bisa melakukan US dengan g.form yang saya tautkan
diblog. Namun baru tahun 2021 semua guru dipaksa kepala sekolah untuk membuat
PTS menggunakan g.form...’
r. BAGJA dimulai dari pertanyaan, karena dengan
pertanyaan, kita selanjutnya harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah
dibuat.
s. Poin penting yang harus digaris bawahim,
siapa melakukan apa?
t. Prakarsa perubahan diawali dengan kata
kerja. Kalimat yang merupakan suatu pekerjaan. Memakai kata kerja
4. Pembelajaran dapat digunakan di masa depan
a. Pembelajaran berbasis masalah dengan
memanfaatkan aset sekolah terutama tentang pengelolaan sampah di sekolah.
b. Membuat inisiatif perubahan dengan kanvas
BAGJA yang berfokus pada pembelajaran yang memerdekakan murid berpijak pada
kekuatan aset yang dimiliki sekolah, baik aset manusia, sarana prasarana, aset
lingkungan, aset sosial budaya, dan politik.
c. Semakin meningkatkan kompetensi digital
untuk mempermudah kolaborasi secara digital.
0 komentar:
Posting Komentar