Selasa, 21 Februari 2023

Koneksi Antar Materi Modul 5. Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik (Bimtek CPP Angkatan 8 Gelombang 2)

 


1.     Tuliskan apa saja perubahan yang didapat Anda terhadap tujuan, refleksi dan umpan balik?

  1. Tadinya saya pikir penentuan tujuan itu……...ternyata….
  2. Tadinya saya pikir refleksi itu…..ternyata…..
  3. Tadinya saya pikir umpan balik itu….ternyata….

Setelah mengikuti sesi Modul 5, tentang penetapan tujuan, refleksi dan umpan balik saya mendapatkan ilmu baru. Tadinya saya berpikir bahwa tujuan itu sesuatu hnaya dilisankan saja tanpa perlu ditulis dan mustahil diwujudkan, dan tidak bisa berubah. Ternyata menetapkan sebuah tujuan dengan menuliskannya membuat saya berusaha semaksimal mungkin mewujudkan tujuan tersebut. Saya merasa mempunyai tanggung jawab terhadap tujuan yang telah saya tulis.

 

Saya berpikir refleksi itu sesuatu yang menguliti diri sendiri, mencari kesalahan dan kekurangan diri sendiri. Ternyata refleksi itu sebagai satu langkah untuk kita bisa tetap konsisten meraih tujuan yang telah saya tulis. Menuliskan mana yang sudah saya lakukan, hambatan apa yang saya teui, pembelajaran dan ide apa yang bisa saya terapkan di masa yang akan datang. Menuliskan refleksi secara rutin membuat saya semakin mahir mengungkapkan pikiran dan perasaan, Dan ini membuat saya menajadi rileks dan bahagia

 

Dulu, umpan balik bagi saya adalah seperti kritikan atau mencari kesalahan atau mencari kelemahan saya. Namun setelah belajar coaching supervisi yang memberdayakan dan modul 5, saya tercerahkan. Bahwa sejatinya umpan balik adalah sebuah proses untuk menumbuhkan sesuatu yang belum tumbuh.Menggali potensi yang  belum teroptimalkan, sekaligus sebagai bahan memperbaiki diri sendiri maupun pekerjaan saya.

 

2.      Bagaimana hasil pembelajaran Anda tentang Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik akan Anda gunakan saat lokakarya dan pendampingan individu?

 

Hasil pembelajaran saya tentang penetapan tujaun, refleksi dan umpan balik adalah ada perubahan antara tujuan yang sudah saya tetapkan dengan refleksi dan umpan balik dari teman. Ternyata di awal saya menuliskan salah satu manajemen waktu adalah menghindari distraksi media sosial.Namun pernah satu hari saya terlena menonton video di you tube. Menyita waktu saya cukup banyak. Hal ini berpengaruh pada jadwal saya yang lain. Hal ini mengajarkan kepada saya agar saya lebih komitmen terhadap jadwal yang sudah saya susun. Pun komitmen terhadap jadwal ini akan saya gunakan juga saat lokakarya dan pendampingan individu. Ketika membaca buku panduan lokakarya yang jadwalnya begitu padat, membuat saya haris cerdas dalam manajemen waktu. Jika nanti saya melakukan pendampingan individu saya pun harus komitmen terhadap jadwal yang telah disepakati bersama CGP

 

 

 

 

3.      Mengisi rencana penerapan refleksi dan umpan balik saat lokakarya dan pendampingan

  1. Refleksi
    1. Identifikasikan kembali kapan Anda melakukan refleksi bersama CGP?
    2. Apa saja alat bantu yang bisa dipakai untuk membantu proses refleksi saat lokakarya?

Saya akan melakukan refleksi bersama CGP setiap akhir sesi lokakarya dan setiap pendampingan individu

Alat bantu yang bisa saya pakai untuk melakukan refleksi bersama CGP adalah lembar kerja refleksi, misal refleksi 4P

  1. Umpan Balik
    1. Identifikasikan kembali kapan umpan balik digunakan saat lokakarya?

Umpan balik digunakan saat CGP selesai melakukan sebuah aktifitas di setiap sesi.

    1. Apa saja metode/cara yang akan dipakai untuk membantu proses pemberian umpan balik?
       Metode yang dipakai untuk umpan balik adalah metode EPIK

·        E : Empati

Memahami, menyadari, peka terhadap situasi yang dialami penerima umpan balik. Empati terdiri dari empati emosional. Empati kognitif, dan empati perspektif.

 

·        P : Posisi

Mennetukan posisi Anda ketika memberikan umpan balik

Posisi terdiri dari dinamika kekuasaan, izin/persetujuan. Dan hubungan

 

·        I : Intensi

Niat, maksud atau tujuan Anda sebelum memberikan umpan balik.

Intensi terdiri dari meningkatkan kinerja, meningkatkan kesadaran diri, memberi/memacu energi, dan mengembangkan hubungan

 

·        K : Kualitas

Mmeberikan pernyataan/pertanyaan yang berkualitas saat memberikan umpan balik.

Kualitas terdiri dari kejelasan, format, dan kejernihan


Selain itu, saya akan memberikan umpan balik saat pendampingan individu menggunakan metode supervisi coaching yang memberdayakan CGP


0 komentar:

Posting Komentar