Rabu, 08 Februari 2023

Refleksi Modul 1.1 Bintek Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 8 Gelombang 2




 Setelah hampir satu bulan dalam penantian, menunggu kapan bintek pembekalan Calon Pengajar Praktik , akhirnya di hari Selasa, 7 Februari 2023 pembekalanpun dimulai.

Hari pertama diawali dengan orientasi, penyegaran tahapan alur PPGP angkatan 8 yang memang sedikit berbeda dengan angkatan kami dulu, terkait durasi 6 bulan dan jumlah jam pembelajaran. Di hari pertama juga, kami diberikan penguatan ulang tentang peran PP sebagai bagain aktor transformasi pendidikan di Indonesia. 


Memasuki hari ke-dua kami mulai dengan pembelajaran daring bersama instruktur, Ibu Cucu Hadiati, S.Pd., M.Pd. sampai jam 12.00 WIB. Memasuki sesi ke dua kami dibersamai oleh dua fasilitator, Ibu Yani dan Ibu Lia. Karena masuknya sudah terlambat 10 menit karena ada wali murid mau pindah, jadi sesi perkenalan terlewatkan. 

Belajar Filosoofi Ki Hadjar Dewantara sejak mengikuti PPGP angkatan 3 tahun 2022. 

1. Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.1.

Belajar Filosoofi Ki Hadjar Dewantara sejak mengikuti PPGP angkatan 3 tahun 2022.  Ketika mengikuti bimbingan teknis Pembekalan Calon Pengajar Praktik ini, saya merasa disegarkan kembali. Ibarat baterai yang lowbat, disuplai energi dan segar kembali. Pelajaran yang saya dapatkan selama melakukan aktifitas bedah modul 1.1. adalah cermat  dan cakap dalam berliterasi. Baik itu literasi membaca dan menulis serta literasi digital.  Cermat dan cakap membaca terkait perbedaan aktifitas calon guru penggerak dengan unggahan/ tagihan berupa produk yang harus diselesaikan oleh calon guru penggerak. Selain itu, dengan keterbatasan waktu diskusi, kolaborasi dan kecakapan literasi digital memegang peranan penting. Ketika Calon Guru Penggerak atau Calon Pengajar Praktik mampu berkolaborasi secara digital, maka tugas lebih cepat selesai. Alhamdulillah kali ini saya berkolaborasi dengan teman-teman hebat di kelompok 2 ( Pak Lesmana, Bu Ihah, Bu Neng, dan Bu Sri) yang mahir dalam menggunakan google dokumen sabagai sarana kolaborasi maya. Pun peran seorang pemimpin dalam kelompok sangat berpengaruh dalam keberhasilan  dalam menyelesaikan tugas.  Saya merasakan indahnya berkolaborasi di kelompok 2, berbagi tugas, saling memberi masukan, saling berbagi dan saling sinergi. Terima kasih kelompok 2.

2. Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan fasilitasi CGP

Jujur saya pada awalnya masih belum bisa move on, sembilan bulan menjalani pendidikan guru penggerak, dan sekarang mencoba ikut seleksi calon pengajar praktik. Namun baru dua hari mengikuti bintek pembekalan Calon Pengajar Praktik ini, ada banyak hal yang saya catat dan insya Allah akan saya laksanakan sebagai perbaikan dalam mendampingi CGP nanti. Terima kasih kepada Ibu Fasilitator yang mengingatkan kami, bahwa Pengajar Praktik tidak diperkenankan memberi komentar atau tanggapan atas unggahan hasil belajar atau aktifitas CGP di LMS. Namun tugas Pengajar Praktik adalah memastikan setiap CGP dapat menyelesaikan semua aktifitas  dan unggahan di LMS tepat pada waktunya. Pengajar Praktik harus setiap hari memantau LMS, mengingatkan apabila ada CGP yang didampingi belum melakukan aktifitas atau menyelesaikan unggahan hasil belajar. Pengajar Praktik memposisikan sebagai teman diskusi, pemberi motivasi  bagi CGP. Tempat konsultasi  dan bertanya jika CGP mengalami kesulitan. Setiap saat harus bisa fast respon jika CGP bertanya.

0 komentar:

Posting Komentar