Rabu, 22 Februari 2023

Refleksi Hari ke 13 Bimtek Pembekalan CPP Angakatan 8 Gelombang 2

 


Pagi ini diawali dengan sesi sinkronus bersama bu Lia dan Bu Yani. Mereviu kembali perjalanan 12 hari yang sudah kami lalui, sekalgus mengingat kembali tugas hari ke-4 yang akan kami presentasikan di jam 10.00 WIB. Memulai sesi sedikit terlambat karena anak yang kurang bisa diajak kerjasama, meski bangun abis subuh, namun enggan mandi. Lima belas menit pertama dilalaui dengan offcame sambil menyiapkan diri . Memasuki menit ke duapuluh, alhamdulillah bisa oncame. Disaat asyik mengikuti bimtek, ada notifikasi di wa grup bendahara, rekonsiliasi BOS dimajukan hari ini jam 10.00. Panik bin tarik napas panjang. Hubungi operator, menanyakan handout yang harus dibawa plus LPJ. Koordinasi dengan operator sekolah lain, sambil siap-siap otw ke sekolah. Alhamdulillah yang berangkat rekonsiliasi hanya operator ARKAS, bendahara tidak ikut.

Mulai mengikuti bimtek sesi pemaparan penilaian yang harus dilakukan pengajar praktik selama mendampingi CGP sdengan konsentrasi penuh. Sambil nengok jadwal, jam 10.00  sesi presentasi LA-PI dimulai kelompok 1, deg-degan kapan kelompok 2 presentasi. Alhamdulillah berkat kerjasama dan kolaborasi solid kelompok 2 saya bisa kontribusi presentasi di akhir dan tetap bisa menjemput anak di sekolah.

 Sesi abis dzhur dimulai dengan mendengarkan presentasi kelompok 5 sambil mengajar di kelas dan diskusi seputar tugas simulasi di grup wa.  Sekitar jam tiga sore kami memasuki ruang breakout room kelompok 2, masih dalam kondisi sambil mengajar di kelas sampai pukul 16.30.

Pelajaran yang saya peroleh selama melakukan aktifitas pembelajaran bedah buku lokakarya dan pendampingan individu, betapa membangun komunikasi positif dalam kelompok itu penting. Kesuksesan sebuah acara/presentasi tergantung dari apiknya kolaborasi. Berbagi peran, saling memahami kendala yang dihadapi anggota kelompok tanpa justifikasi adalah pembelajaran yang berharga hari ini. Dalam kelompok harus ada salah satu yang memegang peran menjadi pemimpin, mendistribusikan peran  namun tetap terbuka terhadap masukan anggota kelompoknya.

Saat diskusi dibor, kami sempat ada dua pendapat yang berbeda, mau pakai slide atau google dokumen saja. Saat simulasi mau 2 orang saja atau gantian yang menjadi PP dan CGP ditiap sesi. Semua ide ada tujuan, akhirnya disepakati biar menjadi satu kesatuan utuh yang berperan menjadi PP dan CGP hanya 2 orang.

Kemajuan teknologi digital memudahkan kami melakukan kolaborasi maya, baik menggunakan goole dokumen maupun canva.

Kalau ditanya perasaan saya selama mengikuti pembekalan hari ini, campur aduk. di awal bahagia plus konstrasi penuh. Galau pas bentrok dengan rekon BOS dan menjemput anak. Alhamdulillah berakhir bahagia dengan tetap menjalin komunikasi dengan kelompok. Sempat terdistraksi dengan masalah sekolah, namun sesegera mungkin menetralkan diri agar tidak larut dalam emosi negatif yang menguras energi.

Semua PP  menginginkan sukses menjalani fasilitasi, baik saat lokakarya maupun saat pendampingan individu.

Yang akan saya lakukan untuk perbaikan fasilitasi Lokakarya adalah menguasai presentasi yang harus diberikan kepada CGP, melakukan koordinasi dengan pendamping praktik lain, berbagi peran dengan PP lain. Dan belajar cara membuat portopolio dengan google site untuk persiapan lokakarya orientasi.

 

Untuk pendampingan individu saya akan berusaha menjadi pengajar praktik yang bisa menjadi teman diskusi, mentor dan coach bagi CGP. Berpikiran positif berbasis aset dan terbuka. Mengkomunikasikan jadwal jauh hari kepada CGP dan koordinasi dengan kepala sekolah tempat CGP bertugas.

 

Suksesnya kegiatan fasilitasi CGP tergantung  seberapa matang perencanaan dan pembagian peran sesuai kapasitasnya jika itu lokakarya, serta tercapainya tujuan setiap sesi dalam lokakarya. Sukses pendampingan individu 


0 komentar:

Posting Komentar