1.
Praktik Baik yang sudah saya lakukan yang
selaras dengan prinsip pendidikan yang memerdekakan, antara lain:
·
Melakukan asesmen diagnostik dan non-diagnostik
sebelum merancang pembelajaran
·
Merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi konten
·
Merancang dan melakukan pembelajaran
berdiferensiasi proses
·
Merancang dan melaksanakan pembelajaran
berdiferensiasi produk
·
Murid dan guru melakukan refleksi pembelajaran
·
Mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional
dalam pembelajaran
(mindfullness dengan stop, Zona emosi, surat kebaikan, surat permintaan
maaf, puisi akrostik)
·
Melakukan coaching terhadap murid yang
bermasalah
·
Mengintergrasikan pembelajaran berbasis digital
di kelas
·
Melaksanakan proyek profil pelajar Pancasila
yang pertama beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq
mulia
·
Membuat kesepakatan kelas
·
2.
Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik
prinsip pendidikan yang memerdekakan yang dirubah
·
Menetapkan tujuan pembelajaran tanpa melakukan
asesmen diagnostik
·
Tidak menanyakan pendapat murid tentang materi
yang akan dipelajari
·
Belum konsisten melakukan refleksi pembelajaran
setiap hari
3.
Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik
prinsip pendidikan yang memerdekakan yang harus dihilangkan
·
Mengajar tanpa media pembelajaran yang menarik
murid
·
Tidak membuat instrumen penilaian sesuai dengan
tingkat pemahaman murid.
·
Pembelajaran konvensional
·
Paradigma murid cerdas jika murid tersebut mahir
matematika
0 komentar:
Posting Komentar