Selasa, 14 Februari 2023

 

1.      Praktik Baik yang sudah saya lakukan yang selaras dengan prinsip pendidikan yang memerdekakan, antara lain:

·        Melakukan asesmen diagnostik dan non-diagnostik sebelum merancang pembelajaran

·        Merancang dan melaksanakan  pembelajaran berdiferensiasi konten

·        Merancang dan melakukan pembelajaran berdiferensiasi proses

·        Merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi produk

·        Murid dan guru melakukan refleksi pembelajaran

·        Mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional dalam pembelajaran

(mindfullness dengan stop, Zona emosi, surat kebaikan, surat permintaan maaf, puisi akrostik)

·        Melakukan coaching terhadap murid yang bermasalah

·        Mengintergrasikan pembelajaran berbasis digital di kelas

·        Melaksanakan proyek profil pelajar Pancasila yang pertama beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia

·        Membuat kesepakatan kelas

·         

 

 

 

2.      Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan yang dirubah

·        Menetapkan tujuan pembelajaran tanpa melakukan asesmen diagnostik

·        Tidak menanyakan pendapat murid tentang materi yang akan dipelajari

·        Belum konsisten melakukan refleksi pembelajaran setiap hari

3.      Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan yang harus dihilangkan

·        Mengajar tanpa media pembelajaran yang menarik murid

·        Tidak membuat instrumen penilaian sesuai dengan tingkat pemahaman murid.

·        Pembelajaran konvensional

·        Paradigma murid cerdas jika murid tersebut mahir matematika

 

0 komentar:

Posting Komentar