Cerita Refkeksi 6 Topi
1. Hari ini mengikuti sesi
demontrasi kontekstual bersama Bu Nisa tentang Modul 3 Teknik Fasilitasi dan Pendampingan.
Beliau meminta kami mengungkapkan apa saja yang sudah dipelajari sejauh ini.
· Tentang pengertian
fasilitasi,
· prinsip yang perlu
dimiliki seorang fasilitator (POD dan dialog yang memberdayakan).
· Sikap dasar Fasilitator
(kesadaran diri, demokratis, sistematis, oberfatif, empati, percaya diri,
terbuka, obyektif dan fokus)
· Ketrampilan fasilitator
(menyimak, bertanya, refkeksi dan mengonfirmasi
· Kesalahan seorang
fasilitator yang harus dihindari (menggurui, tidak netral)
· Kompetensi fasilitator (
partisipasi, interaksi, visualisasi, dinamisasi, konklusi dan merancang proses
fasilitasi
2.
Mulai
dari diri Modul 4. Coaching dan lanjut eksplorasi konsep, diakhir menulis
refleksi dan umpan balik untuk instruktur modul 3
Perasaan
Saya
merasa bahagia mendapatkan ilmu baru. Merasa tertantang untuk mempraktikkan
coaching dengan metode GROW
Hal Positif yang terjadi dalam pembelajaran
1. Mengetahui perbedaan
coaching, mentoring, konseling, dan training
2. Mendapatkan ilmu baru
tentang coaching metode GROW dan TIRTA
3.
Apa
yang Coach lakukan saat melakukan coaching?
1
menggali potensi coachee
2.
mendengar permasalahan atau apapun yang diunggkap coache dan memantik dengan
pertanyaan agar coachee mampu mengatasi/menumukan akar masalahnya sendiri.
3.
Coach hanya memandu coache dalam menemukan solusi yang dihadapi coache, dancoache
juga yang akan menjalankan solusi tersebut.
Ide yang muncul saat mengikuti pembelajaran
Menentukan skala prioritas
dalam melakukan kegiatan
Tetap bahagia menjalani
dan manajemen waktu
Komunikasi dengan rekan
sejawat, kepala sekolah ,suami dan anak agar semua jadwal terlaksana sesuai
target
Kesimpulan:
Pentingnya manajemen waktu
Menentukan skala prioritas’
Selalu mengkomunikasikan
jadwal kepada suami, anak, rekan sejawat dan kepala sekolah
Tetap bahagia menjalani
setiap sesi / kegiatan
Mencatat hal-hal yang penting tentang materi
diklat
0 komentar:
Posting Komentar