Jumat, 10 Februari 2023

Refleksi Modul 2 Bimtek Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angakatan 8 Gelombang 2 ( day 4)



 1. Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 2?

Selama melakukan aktifitas di modul 2 saya diingatkan kembali, betapa pentinganya mempunyai emosi yang positif sebelum masuk kelas. Emosi positif itu menular. Memastikan saya menetralisir emosi saya dulu sebelum masuk kelas agar murid bisa melaksanakan pembelajaran dengan bahagia. Daniel Goleman dalam bukunya berjudul Kecerdasan Emosional menyebutkan mengawali pembelajaran dengan cerita yang menyentuh hati lebih berdampak dari pada narasi tanpa emosi. Di modul dua ini juga saya mendapatkan pembelajaran betapa pentingnya mengenali emosi anak sebelum pembelajaran dimulai. Mulai dari hal sederhana, menanyakan kabar dan perasaan. Jikalau ada anak yang perasaannya belum positif saya dapat memantau dari stik yang anak letakkan di zona emosi yang ditempel di kelas. Melakukan circle time, murid diminta curhat tentang kegalauan atau kemarahan pun kesedihan yang dialami. Murid lain boleh memberikan semangat atau apresiasi baik berupa kata atau doa. Setelah semua anak mempunyai emosi stabil baru pembelajaran dimulai. Pembelajaran sosial emosional memegang peranan penting dalam keberhasilan pembelajaran. Pun sangat berperan dalam untuk menumbuhkan  karakter anak yang  mampu mengelola emosi diri sendiri, empati, mempunyai motivasi intrinsik, mandiri,  dan empati terhadap lingkungan sekitar. 
Bagi saya pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memerdekakan murid. Meski saya sebagai guru tetap memegang kendali penuh dalam pemilihan konten terutama. Pembelajaran berdiferensiasi harus diintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi informasi agar murid bahagia belajar sesuai dengan kodrat jaman.

2. Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Saat melaksanakan kegiatan pendampingan bersama CGP, saya akan berusaha menjadi pribadi yang positif. Memotivasi CGP menjadi pribadi positif dan dapat merancang pembelajaran sosial emosional sekaligus pembelajaran berdiferensiasi yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar