Senin, 13 Februari 2023

Elaborasi Pemahaman Modul 1 ( Bimtek CPP Angkatan 8 Gelombang 2)



1. Pemikiran apa yang ditanamkan

Seperti apapun kondisi sekolah, selagi kita berpikiran positif dan berbasis aset, pembelajaran yang memerdekakan murid akan tetap bisa dilaksanakan. Yang terpenting adalah paradigma guru terhadap murid. Bahwa setiap murid itu cerdas. Tak ada perubahan yang tak bisa dilakukan.  Maukah guru bergerak? Tergantung kepekaan guru terhadap aset-aset yang dimiliki sekolah. Bisakah guru dan kepala sekolah berkolaborasi dengan wali murid dan aset-aset lingkungan.

 2. Praktik-praktik pembelajaran apa yang menurut Anda bisa diterapkan

Praktik pembelajaran yang bisa diterapkan adalah pembelajaran berbasis lingkungan. Pembelajaran yang mengoptimalkan aset lingkungan, aset guru dan wali murid. Pembelajaran yang tidak hanya seputar hafalan, namun pembelajaran yang bermakna, berbasis masalah yang ada disekitar murid. Pembelajaran yang menjembatani dunia sekolah dan tantangan dunia nyata di luar sekolah. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan murid dalam mengambil keputusan, apa yang akan dipelajari, bagaiman cara murid belajar dan jenis penilaian apa yang akan murid pilih. 

3. Praktik-praktik pembelajaran apa yang menurut Anda dihilangkan?

Praktik pembelajaran yang perlu dihilangkan adalah pembelajaran konvensional. Pembelajaran yang hanya menghafal dan mencatat. Pembelajaran yang berpusat pada guru. Pembelajaran yang tidak memerdekakan murid. Pembelajaran yang tidak bermakna. Pembelajaran yang berorientasi nilai dan angka hasil tes kognitif.

4. Potensi apa yang bisa mendukung penerapan prinsip Pendidikan yang Memerdekakan

Potensi yang bisa mendukung penerapan prindip pendidikan yang memerdekakan adalah segala aset yang dimiliki sekolah. Baik aset sumber daya manusia, lingkungan, aset sarana dan prasarana, finansial, ast politik dan aset sosial budaya serta yang tak kalah penting adalah peran kepemimpinan kepala sekolah.

5. Tantangan apa saja yang dihadapi?

Kepimpinan kepala sekolah yang belum bersifat melayani, belum tergerakknya aset sumber daya manusia di sekolah merupakan tantangan yang dihadapi untuk melaksanakan pendidikan yang memerdekakan. Selain itu, guru belum mampu mengintegrasikan pemanfaatan teknologi informasi menjadi tantangan di sekolah semakin besar.

6. Langkah pertama apa yang harus diambil?

Langkah pertama yang harus diambil adalah melakukan perubahan mulai dari diri sendiri, mulai dari kelas saya dan mulai memetakan potensi aset yang dimiliki sekolah untuk mendukung pelaksanaan transformasi pendidikan menuju pendidikan yang memerdekakan murid. Sehigga tumbuh murid yang cerdas secara intelektual, sosial, emosional, spritual serta berkarakter Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, bernalar kritis, bergotong royong dan berkebhinekaan global. Mulai menjalik kolaborasi dengan wali murid, dan lingkungan setempat, menjadikan wali murid sebagai partner dalam menyukseskan pembelajaran yang memerdekakan.


0 komentar:

Posting Komentar