Kamis, 09 Februari 2023

Refleksi Modul 1.3. Bimtek Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 3 Gelombang 2

 


1. Apa yang diperoleh selama mengikuti aktifitas Modul 1.3. Visi Guru Penggerak?

Aktifitas modul 1.3. Visi Guru Penggerak dihari ketiga, diawali dengan  praktik mindfullness. Menulis surat pada diri sendiri untuk ungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, tuliskan semua hal yang terlintas di pagi itu, terima kasih kepada diri sendiri , telah menjadi pribadi yang hebat. Tak lupa terima kasih kepada pasangan dan anak yang mau diajak kerja sama sehingga diri dapat masuk kelas Bimtek Pembekalan Calon Pengajar Praktik tepat pukul 07.30 WIB.
Kalau ditanya apa saja yang diperoleh selama mengikuti aktifitas modul1.3 ini? Sangat banyak, saya diingatkan kembali oleh instruktur, Ibu Cucu Hadiati, S.Pd., M.Pd., betapa bermanfaatnya memulai hari dengan rasa syukur, berterima kasih pada diri, dan orang-orang yang berkontribusi dalam kehidupan kita serta menuliskannya. Bagi saya, menulis adalah salah satu cara menghindari stress. Sebagai seorang wanita, ibu dan anggota masyarakat, ada banya amanah di pundak kita. Bagaiman menjalani itu semua sebaik mungkin denganbahagia. Manajemen waktu dan curhat kepada buku melalui tulisan. 
Modul 1.3 memberikan pembelajaran betapa pentingnya menuliskan mimpi. Mimpi bagian dari tujuan hidup yang akan dicapai. Mimpi adalah awal keberhasilan. Pun ketika menjadi guru, memimpikan mempunyai murid yang bahagia belajar sepanjang hayat, cerdas secara emosi, tahu potensinya dan dengan potensi tersebut mereka menjadi pribadi yang berkarakter profil Pelajar Pancasila. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.
Di Modul 1.3 ini pula saya belajar bagaimana saya bisa meraih mimpi saya menggunakaan metode ATAP dan BAGJA.

2.Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan fasilitasi CGP?

Tak ada gading yang tak retak, kesempurnaan hanya milik Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Saya bersyukur ketika saya menjalani program pendidikan guru penggerak selama 9 bulan, saya didampingi mentor yang luar biasa, Ibu Hj. Wakhida Nurhayati, M.Pd. Saya banyak belajar dari Beliau.  Beliau berkata, "Energi positif itu menular, pun energi negatif. Jika kita mendapatkan energi negatif, segera lakukan 5 hal untuk menetralisir energi itu. Dengan melakukan 5 hal yang membuat kita bahagia. Tak selamanya apa yang kita impikan bisa diterima oleh orang lain. Bukan berarti berhenti bermimpi, tapi cobalah memandang sesuatu dari sudut pandang berbeda. Jadikan hambatan sebagai peluang. Tetap berpikiran positif."

Namun saat mengerjakan tugas BAGJA ini, jujur saya masih abu-abu. Terbukti saya mendapatkan nilai yang kurang bagus dari fasilitator. Saya melakukan refleksi, bisa jadi saya belum paham tentang alur BAGJA ini. Namun dengan Bimtek Pembekalan Calon Pengajar Praktik ini, saya semakin tercerahkan. Apalagi saat sesi ke-tiga bersama ibu fasilitator, Ibu Lia, beliau mengilustrasikan BAGJA ini dengan sederhana.
Pun jikalau nanti saya mendampingi CGP dalam menjalani masa pendidikanya, saya akan berusaha menempatkan diri sebagai teman berbagi, diskusi dan coach yang baik. Insya Allah. 

0 komentar:

Posting Komentar