Kamis, 28 April 2022

Refleksi Pekan 21 Modul 3.2. Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya




Pekan kedua di bulan Maret 2022. Diawali dengan memikirkan aset apa saja yang dimiliki SDN Panongan II. Memetakan satu persatu dari aset manusia, lingkungan, sarana prasarana, finansial, politik, sosial, agama dan budaya.

Adapun hasil pemetaan saya dapat dilihat dengan mengklik tautan di bawah ini:

disini




Selanjutnya sesi Ekplorasi Pemahaman Konsep bersama Instruktur. Pada sesi ini, saya diingatkan kembali dengan materi BAGJA di modul 1.3. Alur perubahan berbasis kekuatan aset yang dimiliki sekolah

  1. Buat Pertanyaan
  2. Ambil Pelajaran
  3. Gali Mimpi
  4. Jabarkan rencana
  5. Atur eksekusi
Adapun hasil saya membuat koneksi antar materi dapat dilihat disinidapat dilihat disini

Pekan depan di SDN Panongan II juga melaksanakan PTS. Saya fokus less paper dengan membuat soal PTS yang ditautkan diblog.


Pekan sebelumnya saya membuat proyek ecobrick bersama murid kelas 6. Pekan ini mereka membuat refleksi pembelajaran tersebut dengan membuat puisi.

Berdasarkan jadwal yang saya buat, seharusnya melakukan aksi nyata. Namun karena sebagian guru ada yang WFH, akhirnya sesi Rabu Literasi bersama guru tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran ditunda.

Pekan yang sangat sibuk. Merasa harus membuat skala prioritas. Mana yang harus didahulukan. Apakah tugas PPGP, tugas sekolah, atau amanah di masyarakat. Semua dijalani dengan bahagia. Plus deadline menulis buku antologi " Diari Sang Guru Penggerak" Buku yang akan terbit untuk panen lokakkarya 7. Hasil kolaborasi kelompok E.

Pembelajaran yang saya dapatkan ketika mempelajari modul ini adalah fokus berpikir pada kekuatan diri. Baik diri pribadi maupun diri tempat sekolah saya mengabdikan diri. Jika kita fokus pada kekurang, maka kita hanya akan jalan ditempat. Sementara waktu terus berjalan dan tak akan bisa kita ulang.

Untuk ke depannya mungkin saya harus bisa berkata "tidak". Jika saya diberikan amanah tambahan di lingkungan. Berusaha mencari regenerasi baru agar semua amanah saya bisa dilaksanakan dengan maksimal.


0 komentar:

Posting Komentar