Ilustrasi
Bu Lasmi akan mengajarkan muridnya
perkembangbiakan tumbuhan dengan strategi blended
learning. Menggunakan aplikasi whatsap dan praktik langsung di sekolah.
Karena berdasarkan diagnosis kemampuan murid dalam mengakses media pembelajaran
terbatas pada aplikasi whatsap. Selain hampir semua siswa dapat mengakses WA,
media ini cenderung mudah digunakan. Namun ada beberapa siswa yang mempunyai
gaya belajar kinestetik, sehingga Bu Lasmi memutuskan mengajar siswa ini dengan
meminta siswa datang ke sekolah untuk melihat praktik langsung cara menanam
tumbuhan.
Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar murid kelas 6 SDN Panongan II tahun pelajaran 2021/2022
Tujuan Pembelajaran: Murid dapat mendemonstrasikan pemahaman mereka
tentang perkembangbiakan tumbuhan.
Tabel 3. Pemetaan Kebutuhan
Belajar Berdasarkan Profil
Belajar Murid
Profil Belajar
murid |
Visual |
Auditori |
Kinestetik |
Nama murid |
Ajeng Habib Reflind Levina Dede Rapi Fahmi A |
Nurdina Anisa Sela Lativah Naresa Naresi Fahmi R Rizki |
M.Jery Yusup Ikhsan M Yusup Nuraliyah Resta Resti |
Produk |
Murid diperbolehkan memilih cara mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang
perkembangbiakan tumbuhan. Boleh
dalam bentuk gambar, video praktik, puisi, langkah menanam tumbuhan |
||
Proses |
Saat menjelaskan guru menggunakan banyak gambar atau alat bantu visual. |
Guru juga
menyediakan kesempatan bagi
murid untuk mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan murid secara lisan atau membaca materi lewat blog |
Guru meminta siswa melihat cara
menanam tumbuhan secara langsung disekitar rumah siswa |
Berdasarkan hasil diagnosis diatas guru mendiferensiasi pembelajaran dengan
mempertimbangkan perbedaan gaya belajar. Adapun RPP secara rinci sebagai berikut : |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (DARING)
Nama Sekolah: SDN Panongan II
Kelas :
VI
Semester :
Ganjil
Tema : 1
Pelajaran : IPA,
Bahasa Indonesia
Waktu :
Selasa, 2 November 2021
Kompetensi Dasar
3.1. Membandingkan cara perlembangbiakan tumbuhan dan hewan
4.1. Menyajikan karya tentang perkembangbiakan tumbuhan
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penayangan video murid dapat mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan benar
2. Melalui mendengarkan pesan suara dan membaca murid
dapat mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan baik
3. Dengan melihat praktik langsung cara perkembangbiakan
tumbuhan murid dapat mendemonstrasikan pemahaman mereka
tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
melalui platform Daring ( Whatsapp)
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran
dengan salam bahagia, menanyakan kabar, memotivasi belajar siswa, presensi, dan
berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
·
Guru tanya jawab dengan
siswa tentang apa yang dimakan siswa saat sarapan pagi
·
Guru menjelaskan
tujuan dan manfaat pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
Kegiatan 1 ( digrup WA kelas 6)
·
Guru meminta siswa keluar
rumah, mengamati tanaman yang ada di sekitar rumah. Memilih satu tanaman yang
akan diobservasi dan mengirimkan fotonya di grup WA kelas
·
Guru tanya jawab terkait
tanaman yang dikirim siswa.
·
Guru membuat kelompok/grup
whatsapp baru sesuai hasil diagnosis gaya belajar siswa.
·
Siswa diminta masuk ke grup
WA masing- masing yang baru dibuat.
·
Guru menjelaskan alasan
dibuat grup kepada semua siswa.
·
Siswa menjawab kuis dari
guru, yang menjawab benar pertama, menjadi kelompok pertama yang akan
didampingi guru, menyusul kelompok 2 dan 3
Kegiatan 2 (di grup WA kelompok Visual)
·
Guru mengirimkan link video
cara perkembangbiakan tumbuhan
·
Siswa mendiskusikan cara
perkembangbiakan tumbuhan berdasarkan pertanyaan pemantik dari guru
Kegiatan 3 (di grup WA kelompok Auditori)
·
Guru mengirimkan link
bacaan cara perkembangbiakan tumbuhan di grup WA
·
Siswa mendiskusikan cara
perkembangbiakan tumbuhan berdasarkan pertanyaan pemantik dari guru
Kegiatan 4 ( di sekolah)
·
Siswa mengamati praktik
cara menyediakan media tanam untuk menanam
·
Siswa memilih jenis biji
yang akan ditanam
·
Siswa praktik menanam sayur
di polybag
Kegitan
5 ( di grup WA kelas 6)
·
Siswa memilih tagihan untuk
dinilai sesuai dengan minat siswa.
·
Pilihan tagihan :
1. video cara menanam
tumbuhan,
2. laporan tertulis langkah-langkah menanam tanaman sesuai
tanaman yang akan ditanam (siswa bebas memilih jenis tanaman),
3. Puisi
4. Gambar digital atau manual cara perkembangbiakan tumbuhan.
5. Siswa membuat rekaman suara cara perkembangbiakan tumbuhan
· Siswa dan guru membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan
tugas.
Kegiatan Penutup
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan pelajaran hari ini
·
Siswa dengan panduan guru
membuat refleksi pembelajaran hari ini
Penilaian
Penilaian akan dilakukan secara on going (berkelanjutan) meliputi penilaian , sikap, dan
ketrampilan. Menggunakan strategi
observasi dan penilaian kinerja (berupa produk yang dibuat murid). Alat
penilaian observasi adalah checklist, sedang untuk penilaian kinerja
menggunakan rubrik
Ceklis
Penilaian Observasi
No |
Nama Murid/Kelompok |
Murid dapat mendemonstrasikan perkembangbiakan tumbuhan. |
|||||
Murid dapat mendeminstrasikan 2 perkembangbiakan
tumbuhan yang berbeda |
Murid dapat mendeminstrasikan 1 perkembangbiakan
tumbuhan |
Murid
terlibat aktif dalam diskusi atau mengerjakan pekerjaan kelompok |
|||||
Tgl Observasi |
Hasil Observasi (dalam
bentuk tanda cek) |
Tgl observasi |
Hasil Observasi (dalam
bentuk tanda cek) |
Tgl Observasi |
Hasil Observasi (dalam
bentuk tanda cek) |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Produk
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Butuh bimbingan (1) |
Isi/konsep |
Produk memuat perkembangbiakan lebih dari satu tumbuhan dan
konsep sesuai |
Produk memuat perkembangbiakan
satu tumbuhan dan konsep sesuai |
Produk memuat perkembangbiakan lebih dari satu tumbuhan dan
konsep tidak sesuai |
Produk memuat perkembangbiakan
satu tumbuhan dan konsep tidak
sesuai |
Kebahasan |
Menggunakan bahasa yang sesuai
PUEBI dan mudah dipahami |
Menggunakan bahasa yang sesuai
PUEBI dan tidak mudah dipahami |
Menggunakan bahasa yang tidak
sesuai PUEBI dan mudah dipahami |
Menggunakan bahasa yang tidak
sesuai PUEBI dansulit dipahami |
Tampilan |
Produk ditampilkan menarik dan
terstruktur |
Produk ditampilkan terstruktur
tetapi kurang menarik |
Produk ditampilkan tidak
terstruktur tetapi menarik |
Produk ditampilkan tidak
terstruktur dan tidak menarik |
0 komentar:
Posting Komentar