Minggu, 21 November 2021

Refleksi Terbimbing Modul 2.2. Pembelajaran Sosial Emosional


3 Hal menarik yang telah Saya pelajari :

a.       Praktik mindfulness dapat mencegah stress. Dengan mempraktikkan STOP (Berhenti sejenak dari semua aktifitas,  tarik napas dalam, menikmati setiap hembusan dan udara masuk, amati apa yang saya rasakan dalam tubuh saya, baru melanjutkan aktifitas saya kembali) ketika banyak pikiran atau banyaknya amanah yang ada di pundak Saya

b.      Pentingnya seorang guru mengenali emosi siswa agar proses kegiatan belajar mengajar bermanfaat dan menyenangkan bagi murid dan sukses sesuai tujuan, yaitu kebahagiaan dan keselamatan anak.

c.       Tips-tips pembelajaran sosial emosional. Bagaimana Saya dapat mengajarkan anak mengenali emosinya sendiri dengan teknik memeriksa perasaan diri dan mengidentifikasi emosi.  Pembelajaran pengelolaan emosi dengan strategi Latihan Menyadari Kondisi (Body Scanning). Membuat puisi akrostik untuk mengenali hal positif pada diri murid

 

1.      2 Hal penting yang Saya pelajari pada modul 2.2. Pembelajaran Sosial Emosional

a.       Praktik mindfulness dengan STOP

Kala lelah mendera fisik dan psikologi akibat bermacam aura negative yang tidak sengaja menghampiri diri. Saya melakukan ini :

·         Stop : berhenti dari semua aktivitas apapun

·         Take a deep breath: tarik napas dalam dengan berkesadaran penuh, menikmati setiap hembusan udara keluar dan masuk hidung, merasakan tekanan otot perut kala menahan napas

·         Observe : amati apa yang ada dilingkungan sekitar. Apa yang terjadi ? Menghadirkan Sang Maha Pencipta di setiap pengamatan

·         Proceed/lanjutkan setiap aktifitas semula

b.      Pentingnya mengajarkan Pembelajaran Sosial Emosional kepada murid. Dimulai dari murid mengenali emosinya sendiri, cara mengelola emosi, membangun kesadaran social, empati, membangun relasi dan berlatih membuat sebuah keputusan yang bertanggung jawab. Hal ini jika terus menerus dilatih sejak dini akan menghasilkan pribadi manusia Indonesia yang tangguh, memiliki daya juang dan reseliansi yang tinggi.

2.      Satu hal yang ingi coba dan terapkan dalam kelas

Membuat puisi akrostik dengan nama diri. Meskipun belum sukses karena siswa masih perlu latihan lagi.

 

0 komentar:

Posting Komentar