Nama : Lasminingsih,S.Pd.SD
Kota/Kabupaten : Kabupaten Tangerang
Provinsi : Banten
Tanggal : 23
Agustus 2021:
Materi : Refleksi
Terbimbing
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Ceritakan pengalaman Anda
mengikuti pembekalan pada hari ini? |
1.
Hari ini
jadwal refleksi terbimbing. Saya diminta menuliskan refleksi tentang pengetahuan dan pengalaman baru
terkait relevansi filosofi Ki Hajar Dewantara dengan proses pembelajaran yang
saya lakukan di kelas saya selama ini 2.
Saya
diminta melihat kekuatan yang saya miliki
untuk mempraktikkan pengalaman baru filosofi Ki Hajar Dewantara dalam
menjalani profesi guru. 3.
Kemudian
saya diminta bercermin, membandingkan pembelajaran yang sudah saya lakukan
sebelum dan sesudah memahami filosofi Ki Hajar Dewantara. Menuliskan hal-hal
yang belum sesuai dengan filosofi KHD dan
harus saya rubah. 4.
Saya
diminta membuat rencana nyata di kelas setelah memahami filosofi Ki Hajar
Dewantara 5.
|
2 |
Bagaimana perasaan Anda selama
mengikuti proses pembelajaran hari ini? |
1.
Selama
mengikuti proses pembelajaran hari ini. Hati saya merasa tertohok. Bahwa
selama ini saya belum benar ketika mengajar. Mengajar hanya sekedar tranfer
ilmu. 2.
Merasa
bersalah telah menghakimi anak yang perlu pendampingan lebih dengan bodoh. 3.
Belum mendedikasikan
24 jam untuk pendidikan. |
3 |
Ceritakan hal-hal positif yang
terjadi dari pembelajaran hari ini? |
Hal-hal positif yang terjadi hari
ini : 1.
Saya
diminta melihat kekurangan diri selama mengajar 2.
Kemudian
diminta melihat potensi diri untuk mempraktikkan filosofi KHD dalam
pembelajaran 3.
Pentingnya
membuat catatan harian ketika mengaja untuk melihat sejauh mana tumbuh
kembang anak. Baik dari sikap, tingkah laku maupun capaian ilmu pengetahuan
anak. |
4 |
Ceritakan hal-hal yang
menghambat pembelajaran Anda pada hari ini? |
Hal-hal yang menghambat
pembelajaran Saya hari ini : 1.
Manajemen
waktu yang kurang optimal 2.
Kebuntuan
saat menuliskan jawaban dari pertanyaan refleksi, padahal banyak ide
bertebaran di kepala. Bisa jadi karena masih jarang menulis. |
5 |
Ceritakan ide-ide yang muncul
setelah Anda mengikuti pembelajaran hari ini? |
Ide-ide yang muncul setelah
mengikuti pembelajaran hari ini : 1.
Ingin
membuat daftar ceklis praktik ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing 2.
Ingin
membuat RPP yang mengintegrasikan permainan budaya setempat dalam
pembelajaran. 3.
Ingin
membuat grup whatssapp khusus orang tua untuk memudahkan komunikasi,
evaluasi, dan koordinasi. Namun banyak anak yang hanya mempunyai 1 HP. HP
orang tua sekaligus untuk belajar anak. |
6 |
Ceritakan kesimpulan-kesimpulan
yang Anda dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini? |
Kesimpulan : Setiap guru hendaknya memposisikan
sebagai orang tua kedua bagi anak. Yang dengan tulus ikhlas mendedikasikan 24
jam waktunya untuk menuntun budi pekerti anak mencapai kebahagian hidupnya. Pembelajaran di kelas haruslah
menyenangkan agar hak anak untuk bermain tetap terjamin. |
Tanggal : 24 dan 25 Agustus 2021.
Materi : Demonstrasi Kontekstual
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Ceritakan pengalaman Anda mengikuti
pembekalan pada hari ini? |
Hari ini saya diminta membuat
karya berupa video, puisi atau komik untuk mengeksprsikan pemahaman saya
tentang filosofi Ki Hadjar Dewantara. Serta relevansi filosofi tersebut dalam
konteks pembelajaran di kelas dan interaksi dengan teman sejawat. Dan saya
memiliih membuat komik life dari foto-foto menggunakan apliaksi canva dan
comica. |
2 |
Bagaimana perasaan Anda selama mengikuti
proses pembelajaran hari ini? |
Saya merasa tertantang. Karya apa
yang akan saya buat untuk menggambarkan filosofi KHD dalam konteks
pembelajaran,interkaksi siswa dan teman sejawat? Mulai memikirkan karya yang
unik, menarik, dan mudah dipahami pembaca. |
3 |
Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari
pembelajaran hari ini? |
Saya mencoba dan belajar ketrampilan digital
untuk membuat karya yang unik dan
menarik. |
4 |
Ceritakan hal-hal yang menghambat
pembelajaran Anda pada hari ini? |
Dalam membuat komik life ini saya
memerlukan lebih banyak waktu baik dari membuat outline naskah komik, meminta
bantuan teman sebagai tokoh dalam komik, sampai menerjemahkan outline dalam
komik. Sedang durasi jadwal hanya dua
hari. Sedang saya membutuhkan lebih banya waktu, ada beberapa jadwal di LMS
yang luput saya kerjakan, yaitu menulis jurnal mingguan pekan kemarin Selain itu ada beberapa ide yang
sudah tertulis di outline, tidak dituangkan dalam komik. Seperti jabaran 6
profil pelajar Pancasila |
5 |
Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda
mengikuti pembelajaran hari ini? |
Saya ingin membuat ebook komik
yang menunjang pembelajaran di kelas Saya ingin membuat ebook jurnal
mingguan guru penggerak |
6 |
Ceritakan kesimpulan-kesimpulan yang Anda
dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini? |
Setelah mengikuti pembelajaran
tentang membuat karya dengan berbagau pilihan. Hal ini mengajarkan saya untuk
melakukan hal serupa dalam pembelajaran di kelas saya. Memberikan kemerdekaan
kepada anak untuk mengekspresikan pemahaman terhadap ilmu pengetahuan sesuai passion anak masing-masing. Yang suka seni, berikan kebebasan
menghasilkan karya seni. Baik suara atau lukisan. Bagi anak dengan kecerdasan
linguistik, memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk membuat puisi,
karangan, atau cerita anak. Memang tidak mudah untuk mengawali
sesuatu hal yang baru. Namun bukan berarti tidak mungkin. Dengan kerja keras,
doa dan dukungan semua pihak (orang tua, anak, sekolah, dan masyarakat
setempat). |
Tanggal :26 Agustus 2021
Materi : Elaborasi Pemahaman
( Konferensi)
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Ceritakan pengalaman Anda mengikuti
pembekalan pada hari ini? |
Hari ini, Kamis 21 Agustus, kami
calon guru penggerak diberikan kesempatan untuk mengikuti Webinar yang
diselenggarakan oleh Dirjen GTK Kemdikbudristek secara virtual di zoomeeting
dan disiarkan live di youtube. Acara yang berdurasi selama dua
jam dengan menghadirkan alumni Taman Siswa Lampung, Ibu Afria Susana dan Ki
Priyo Dwiarso dari Taman Siswa Yogyakarta dengan dipandu oleh Bapak Simon
Rafael. Webinar diiadakan secara
interaktif. Diawali dengan pengalaman Ibu Afria ketika belajar di Taman Anak
(TK) dan Taman Muda (SD). Berlanjut
dengan tanggapan atas cerita Bu Afria dari Ki Priyo dari Taman Siswa. Bu Afria menceritakan tentang
bagaimana interaksi siswa, guru dan orang tua secara kekeluargaan. Guru di
Taman Siswa sebagai Pamong mendidikasikan 24 jam waktunya untuk melayani
siswa. Bu Afria juga menggambarkan di
Taman Siswa tidak dikenal hukuman fisik. Namun hukuman yang mengarah kepada
pembinaan karakter positif anak. Dimana anak diberikan pemahaman tentang
kesalahannya dan diharapkan dapat menemukan menemukan kesalahannya sendiri,
kemudian sadar, dan tidak mengulang hal yang sama di kemudian hari. Kemudian Ki Priyo menjelaskan
hubungan anak, guru dan orang tua di Taman Siswa berlangsung secara
kekeluargaan. Salam dan bahagia adalah sapaan wajib di Taman Siswa yang
artinya selamat untuk raga dan bahagia untuk jiwa. |
2 |
Bagaimana perasaan Anda selama mengikuti
proses pembelajaran hari ini? |
Saya merasakan ikut merasakan
ketulusan dan keikhlasan guru-guru di Taman Siswa dalam mendedikasikan 24 jam
waktunya untuk melayani kebutuhan siswa. Dan berharap dapat meneladani sikap
tersebut dalam kehidupan sehari-hari saya sebagai guru. |
3 |
Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari
pembelajaran hari ini? |
Hal-hal positif yang saya temukan
selama mengikuti webinar ini antara lain : 1.
Interaksi
di peguruan Taman Siswa berasaskan kekeluargaan 2.
Guru
adalah orang tua kedua bagi anak di sekolah. 3.
Guru
bersikap adil kepada anak. 4.
Ketika
anak berbuat salah tidak dihukum fisik, namun diberikan pemahaman dan
pembinaan agar anak tahu kesalahannya serta tidak mengulang hal yang sama 5.
Menghargai
hak anak untuk bermain. 6.
Memfasilitasi
anak mengembangka bakat melalui kesenian tradisional, tarian dan seni
suara/tembang. 7.
Siswa
adalah subyek sekaligus obyek dalam belajar |
4 |
Ceritakan hal-hal yang menghambat
pembelajaran Anda pada hari ini? |
Tidak ada hal yang menghambat
pembelajaran hari ini. Hanya keterlambatan mengisi jurnal. |
5 |
Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda
mengikuti pembelajaran hari ini? |
Setelah mengikuti webinar ini saya
berusaha untuk: 1.
Lebih
berlapang dada ketika menemukan anak yang kurang baik tingkah lakunya. Dan
berusaha berdialog atas kelakuan yang tidak baik tersebut. Sehingga Si anak
menyadari kesalahan dan tidak mengulang lagi. 2.
Selain
itu berusaha menjalin komunikasi dua arah atas kejadian atau masalah yang
menimpa anak. 3.
Berusha
untuk tidak menghukum anak dengan kalimat atau fisik 4.
Memfasilitasi
anak belajar sambil bermain. 5.
Mensosialisasikan
doa salam dan bahagia di kelas dan sekolah. |
6 |
Ceritakan kesimpulan-kesimpulan yang Anda
dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini? |
Salam dan bahagia Di Taman Siswa interaski
memaksimalkan hubungan segitiga trikon
antara orang tua, sekolah dan siswa berdasarkan azas kekeluargaan. Guru menjadi orang tua kedua di
sekolah Siswa diberikan kemerdekaan
mengembangkan bakat dan minatnya Pembelajaran di kelas tidak
merampas dunia anak yang senang bermain Guru berperan sebagai : Ing ngarso sung tuladha, Ing madya
mangun karsa, dan Tut Wuri Handayani ( Didepan menjadi contoh, ditengah
memberi motivasi,dan dibelakang memberikan dorongan. |
Materi : Koneksi antar materi
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Ceritakan pengalaman Anda mengikuti
pembekalan pada hari ini? |
1.
Saya
hari ini diminta membuat perbandingan cara pandang saya terhadap murid
sebelum dan sesudah memahami filosofi Ki Hajar Dewantara. 2.
Menuliskan
apa saja yang berubah baik pikiran maupun perilaku saya setelah mempelajari
filosofi Ki Hajar Dewantara 3.
Saya
diminta merencanakan aksi nyata pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara di
kelas dan sekolah saya. |
2 |
Bagaimana perasaan Anda selama mengikuti
proses pembelajaran hari ini? |
Saya merasa tertantang untuk
segera membuat program untuk merealisasikan pemikiran filosofi Ki Hajar
Dewantara di kelas dan sekolah saya. Merasa optimis suatu saat setiap
sekolah dan guru di Indonesia
menerapkan filosofi KHD ini dan dimulai dari diri saya dan kelas saya. |
3 |
Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari
pembelajaran hari ini? |
Hal posistif dari pembelajaran
hari ini adalaH: 1.
Suatu
keberhasilan program dimulai dari refleksi atas berlangsungnya program
sebelumnya. 2.
Perubahan
mindset guru terhadap murid mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas. |
4 |
Ceritakan hal-hal yang menghambat
pembelajaran Anda pada hari ini? |
Hal-hal yang menghambat
pembelajaran hari ini : Adanya serah terima jabatan kepala sekolah yang
menyita waktu. Seharusnya waktu tersebut saya gunakan untuk berintarksi
dengan siswa di kelas daring. Sehingga pembelajaran di kelas saya kurang
maksimal. Pun target saya untuk mengunggah tagihan LMS sesuai jadwal
tertunda. Ketika badan kurang fit
mempengaruhi pikiran sehingga tidak bisa menulis tagihan tepat waktu |
5 |
Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda
mengikuti pembelajaran hari ini? |
Ide-ide yang muncul saat
pembelajaran koneksi antar materi filosofi kHD: 1.
Akan
mensosialisasikan sapan salam dan baagia di kelas dans sekolah saya 2.
Akan
mengintegrasikan permainan loka Banten seperti congklak, gerobak sodor,
egrang, bentengan ,dll dalam pembelajaran 3.
Harus
meningkatkan ketrampilan informasi teknologi untuk mendukung pembelajaran
berbasis IT namun tetap mengedepankan kebudayaan lokal Banten. 4.
Ingin
membuat game pembelajaran permainan lokal Banten |
6 |
Ceritakan kesimpulan-kesimpulan yang Anda
dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini? |
Kesimpulan setelah pembelajara
koneksi antar materi filosofi Ki Hadjar Dewantara antara lain: Sebagai seorang guru hendaknya
memandang semua anak sebagai anak mempunyai bakat atau potensinya
masing-masing. Gurulah yang menuntun siswa mengoptimalkan budi pekerti anak. Guru hendaklah merealisasikan
filosofi KHD dalam pembelajaran di kelas dan sekolah melalui permainan anak
khas Banten untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. |
Tanggal : 28 Agustus 2021
Materi : Jurnal Refleksi Minggu ke 2
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Ceritakan pengalaman Anda mengikuti
pembekalan pada hari ini? |
Diakhir pekan ke-2 program guru
penggerak ini semua calon guru penggerak diminta menuliskan refleksi selama 6
hari pembelajaran. Adapun isi refleksi adalah menuliskan pengalaman baru
dalam belajar. Lengkap dengan perasaan ketika mengikuti pembelajaran
tersebut. |
2 |
Bagaimana perasaan Anda selama mengikuti
proses pembelajaran hari ini? |
Ketika saya diminta menuliskan
refleksi pembelajaran selama satu minggu, saya merasa bahagia. Karena
dapat melihat capaian belajar saya dan
mengetahui kekurangan saya selama belajar. Meskipun saya membutuhkan lebih banyak
waktu untuk menulis. |
3 |
Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari
pembelajaran hari ini? |
Saya dapat berlatih menulis setiap
hari untuk menuangkan hasil belajar dan pembelajaran saya di kelas. Yang
suatu saat dapat saya jadikan bahan penilitan tindakan kelas atau praktik
baik. |
4 |
Ceritakan hal-hal yang menghambat
pembelajaran Anda pada hari ini? |
Manajemen waktu yang kurang
optimal Belum terbiasa menuangkan ide dengan cepat dalam
bentuk tulisan Mempunyai anak 4 tahun yang masih
membutuhkan perhatian. Program dadakan sekolah terkadang
mengacaukan jadwal yang sudah direncanakan. |
5 |
Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda
mengikuti pembelajaran hari ini? |
Lebih konsisten mengatur jadwal
pembelajaran Menuliskan skala prioritas yang
harus dikerjakan Tidak menunda-nunda pekerjaan Tulis setiap ide yang datang |
6 |
Ceritakan kesimpulan-kesimpulan yang Anda
dapatkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini? |
Refleksi adalah salah satu cara
mengevaluasi program kerja yang sudah direncanakan. Mencari permasalahan yang
menghambat program kemudian menemukan solusi terbaik di untuk program
selanjutnya |
0 komentar:
Posting Komentar