Sesi koneksi antar materi adalah sesi mengulang materi yang telah saya pelajari. Mau tidak mau saya harus membaca ulang materi modul 1.1. tentang Filosofi Pendidikan menurut kHD, modul1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak, dan modul 1.3. Visi Guru Penggerak. Hal ini justru memberi keuntungan karena tanggal 21 Oktober 2021 akan diadakan post test modul 1. Banyak pilihan unggahan di sesi ini, namun saya memilih membuat artikel di blog pribadi saya. Selain bertujuan memperlancar menulis, juga sebagai bahan belajar saya menghadapi ujian modul 1.
Pekan ini cukup
sibuk dengan deadline unggahan demontrasi kontekstual dan praktik aksi nyata di
kelas. Sebelum praktik segitiga restitusi, secara sederhana saya praktik membuat
keyakinan kelas bersama siswa. Dilanjutkan dengan pendalaman keyakinan kelas.
Setelah post
test, di hari jumat lanjut pre test modul dua, pembelajaran berdeferensiasi.
Selanjutnya memasuki alur belajar MERRDEKA yang pertama, mulai dari diri. Di
tahap ini, saya diminta menjawab pertanyaan seputar pengetahuan tentang
pembelajaran berdeferensiasi.
Satu hal yang
membuat saya terhenyak dan merenung,
saat saya melihat video “Sekolah Hewan”. Saya merasa sedih dan menyesal.
Betapa selama ini saya telah memaksakan kehendak kepada anak didik saya. Video
ini menyadarkan saya, bahwa sejatinya saya sebagai guru tidak bisa memaksakan
kodrat alam yang sudah dimiliki masing-masing anak sejak lahir sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Esa. Selama ini satu kurikulum digunakan untuk semua anak.
Sedang potensi mereka berbeda-beda. Tidak mungkin seorang anak yang lemah
matematika, mendapatkan nilai 100 untuk matematika.Pun begitu pula, untuk anak
yang berbakat Bahasa, seni, atau olahraga.
Saya akan berusaha
semaksimal mungkin merancang pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman
potensi di kelas saya. Baik itu dari segi konten, proses, dan evaluasi. Semoga
dengan beriringnya waktu dalam memahami modul pembelajaran berdeferensiasi ini
saya bisa menjadi pendidik yang demokratis dan tidak memaksakan kehendak saya
kepada anak didik.
0 komentar:
Posting Komentar