Kamis, 21 Oktober 2021

Refleksi PGP Pekan Ke 8

 


Refleksi Pekan ke 8


 

Mengawali Pekan  dengan alur belajar MERRDEKA, mulai dari diri. Merefleksi sejauh mana penerapan budaya positif  dan disiplin di sekolah, hubungan budaya positif dengan kesuksesan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan di LMS.

 

Membayangkan visi murid impian Bagaimana mewujudkan kelas impian tersebut? Untuk mewujudkan kelas impian “ Mewujudkan murid-murid yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, mandiri,kreatif, kolaboratif, adaptif, reflektif, dan berwawasan global” saya harus : Bahagia ketika mendidik siswa Menganalisis karakter semua peserta didik yang menjadi amanah saya Membangun kedekatan emosi kepada semua murid Menumbuhkan kepercayaan murid Menggenali dan menumbuhkan potensi masing-masing murid Membangun kolaborasi dengan orang tua murid dan guru mapel yang mengajar di kelas saya Mensinergikan pemumbuhan karakter dengan program sekolah Menciptakan lingkungan belajar yang aman, kondusif, dan menyenangkan untuk siswa Mengintegrasikan tumbuh kembang profil pelajar Pancasila pada setiap mata pelajaran Rutin melakukan refleksi capaian program, evaluasi dan tindak lanjut Apa yang diperlukan untuk mewujudkan kelas yang aman dan nyaman bagi semua warga kelas? jawab : Membangun kolaborasi dengan orang tua murid atau pihak ketiga

 

Harapan setelah mempelajari modul ini etelah mempelajari modul ini saya berharap : * Dapat membangun budaya positif di kelas, sekolah, dan komunitas terdekat * Berhasil mengenali potensi peserta didik dan menuntun tumbuhkembangnya dengan optimal * Sukses menumbuhkan profil pelajar Pancasila di kelas dan SDN Panongan II

 

Harapan untuk murid setelah mempelajari modul ini.

Setelah mempelajari modul ini saya berharap siswa: *Bahagia belajar disekolah, rumah atau dimana saja *Bahagia menemukan kekuatan dan kelemahan diri sendiri. *Bahagia menumbuhkan kodrat alam yang ada didirinya sendiri sehingga tercapai kemandirian *Bahagia beradaptasi dengan perkembangan jaman *Siswa berpikiran global namun tetap mempunyai karakter profil Pelajar Pancasila

 

Kegiatan yang saya harapkan di modul ini

Kegiatan yang Saya harapkan dalam modul ini antara lain kolaborasi dan diskusi berbagi praktik baik. Materi yang saya harapkan pada modul ini adalah tips menumbuhkan budaya positif pada peserta didik, guru, dan komunitas Manfaat yang Saya harapkan ada di modul ini adalah Saya mampu membangun budaya positif pada diri saya, siswa, guru, dan komunitas dalam rangka mewujudkan profil Pelajar Pancasila

 

Sesi kedua adalah eksplorasi konsep Budaya Positif. Pada sesi ini saya mendapatkan ilmu baru. Bagaimana mengatasi masalah dengan tahapan segitiga restitusi. Saya mendapatkan pengalaman baru tentang arti dari displin. Bahwasanyan displin berasal dari kata belajar.

 

Saya juga banyak belajar bahwa sejatinya budaya positif diawali dengan displin positif. Displin positif adalah bagaimana seseorang dapat memiliki motivasi intrinsik.

 

Selama satu pekan ini saya mengalami banyak kejutan dengan kesalahpahaman tentang konsep reward dan punishmen. Tak selamanya pemberian penghargaan dapat memotivasi siswa berbuat baik. Justru bisa menjadikan siswa menjadi ketergantungan dengan hadiah. Jika tidak diberi hadiah, siswa tidak mau berbuat baik.

                


Setelah mempelajari modul satu pekan ini, saya berusaha mempraktikkan bermusyawarah dengan siswa untuk membuat keyakinan kelas. Melakukan pendalaman keyakinan kelas secara ofline. Agar siswa terbiasa dengan keyakinan kelas, siswa menggunakan keyakinan kelas untuk presensi harian.


0 komentar:

Posting Komentar