Salam bahagia
berikut RPP
RPP Berdifernsiasi dan PSE
Nama Sekolah : SDN Panongan II
Kelas/semester : VI/Ganjil
Topik : 5
Sub Tema : 4
Hari/tanggal : Selasa, 23 November 2021
1.
Kompetensi
Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
KD Pengetahuan 3.7. Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. |
3.7.1. Menganalisis unsur bangun ruang kubus, balok, limas, prisma |
|
KD Ketrampilan 4.7. Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan
dan volumenya. |
4.7.1. Membandingkan bangun datar penyusun bangun ruang |
NO |
KOMPETENSI
SOSIAL
EMOSIONAL |
PENERAPAN |
YANG
DILAKUKAN GURU |
YANG
DIKATAKAN GURU |
1 |
Kesadaran
Diri |
Sebelum mulai pembelajaran |
Guru melihat zona emosi sebelum mulai belajar Siswa dan guru membuat lingkaran di depan kelas Guru melakukan permainan Siswa mengungkapkan perasaan pagi itu |
(Guru melihat zona emosi terlebih dahulu) Supaya anak-anak lebih bergembira, yuk kita membuat cirle time sebelum
kita bersenang-senang dengan pelaran matematika yang makin berbobot dan
menantang |
2 |
Pengelolaan
diri |
Saat diskusi kelompok |
Memantau diskusi di masing-masing kelompok |
Nak., kamu boleh bercanda atau bermain, tapi selesaikan dulu apa yang
menjadi tugasmu hari ini, bisa? |
3 |
Kesadaran
Sosial |
Saat siswa mengerjakan
tugas mandiri |
Memotivasi siswa yang
sudah selesai mengerjakan tugas untuk membantu siswa lain yang belum selesai |
Nak, boleh lho kami
berbagi ilmu kepada teman yang belum selesai mengerjakan tugas. Berbagi itu
keren dan tidak mengurangi ilmu yang kamu punyai. |
4 |
Ketrampilan
Relasi |
Saat praktik membuat
bangun ruang kubus, balok, prisma segitiga dan limas segitiga dari sedotan |
Menyediakan bahan
praktik lebih dari satu |
Memberi kesempatan
kepada teman untuk praktik membuat rangka bangun ruang itu keren lho, |
5 |
Pengambilan
keputusan bertanggung jawab |
Saat pembagian peran
ketua, sekretaris, moderator |
Memotivasi murid
berbagi peran dalam kelompok |
Setiap anak mempunyai
tanggung jawab yang berbeda sesuai perannya, apapun peran yang kamu pilih,
yakin kamu bisa melakukan yang terbaik. |
Saat akhir pelajaran |
Memberi contoh benda
proyek yang akan dibuat siswa ( mobil-mobilan, tempat pensil, tempat buku) |
Kamu yang memilih
proyek membuat itu, kamu juga yang harus menyelesaikannya , bukan? Mencoba hal baru itu
bagus, tapi harus yakin kamu bisa menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai,
oke! |
2.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Melalui
pengamatan video , siswa dapat mendaftar unsur-unsur kubus dan balok dengan
benar
b.
Melalui
praktik langsung, siswa dapat membedakan sisi, titik sudut, rusuk dan tinggi
balok/kubus/prisma dengan gembira
c.
Melalui
praktik langsung siswa dapat membuat karya dari kardus bekas dengan baik
3.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
TAHAP PEMBELAJARAN |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
A.
Kegiatan Pendahuluan Pastikan sebelum masuk
kelas guru dalam keadaan emosi positif. Jika guru masih membawa emosi
negatif, lakukan STOP terlebih dahulu. Stop : Berhenti dari
aktifitas Take deep breath :
tarik napas dalam 5-7 kali Observe : Amati yang
terjadi Proceed :baru masuk
kelas untuk melanjutkan aktifitas KBM dengan emosi positif/mindfullnes (Waktu 5 menit) |
||
Pendahuluan (persiapan/orientasi) |
7. Membagi kelompok |
10 menit |
Apersepsi |
1. Menanyakan
kepada siswa adakah bangun berbentuk kubus dikelas kita? |
2 menit |
Motivasi |
Ø Dengan
mempelajari unsur kubus dan balok, siswa dapat membuat benda nyata seperti
tempat pensil dari kardus bekas |
3 menit |
B. Kegiatan Inti |
||
Sintak Model Pembelajaran 1 Problem based
learning |
Kegiatan Inti: 1. Siswa
mengamati video bangun balok dan
kubus yang ditayangkan guru didepan kelas. (HOTS
: Critical Thingking) 2. Guru
meminta siswa mendiskusikan perbedaan bangun dilihat dari rusuk, bidang dan
titik sudut (HOTS :
problem solving); (PPK: gotong royong) 3. Siswa
mengisi LKPD 1 secara berkelompok (PPK:
gotong royong) (Pembelajaran abad 21: collaborative 4. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi .(Pembelajaran abad 21:
Komunikatif); 5. Kelompok
lain menanggapi, ((HOTS: critical thingking) guru sebagai
fasilitator 6. Siswa menempelkan
LKPD 1 di papan “Ini hasil Karyaku” 7. Siswa
diminta mengisi balok dan kubus dengan pasir kinetik (pembelajaran
abad 21: kreatif inofatif) Hari Kedua 1.
Guru menanyakan: ” Apakah anak-anak tahu berapa volume pasir
didalam balok dan kubus? Apakah ada yang tahu cara menghitung volume kubus? (HOTS: critical thingking) 2.
Guru menuliskan jawaban siswa di papan tulis. 3.
Didalam kelompok, Siswa diminta mengukur panjang,
lebar dan tinggi bangun kubus dan balok dan menuliskan hasil jawaban di LKPD
2 (HOTS: kritical thingking; PPK: Gotong royong) 4.
Guru menayankan video cara mencari volume balok dan
kubus menggunakan rumus. (HOTS: Tranfer knowledge) 5.
Secara berkelompok siswa mendiskusikan volume balok
dan kubus di LKPD 2 (PPK: gotong
royong); (Pembelajaran abad 21: Collaborative) 6.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain
menanggapi, guru sebagai fasilitator (
Literasi komunikasi) 7.
Siswa menempelkan hasil diskusi di papan kreasi,
guru memberikan penghargaan bintang yang ditempel di papan prestasi. (Pembelajaran
abad 21: kreatifitas) |
40 |
C. Kegiatan Penutup (15 menit) |
||
Peserta didik : 1.
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.(Pembelajaran
abad 21: kreatif) 2.
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.(HOTS:
Reflektif) 3.
Menuliskan perasaan
ketika selesai belajar Guru : 1.
Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa 2.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi penghargaan bintang dan
ditempel di papan prestasi dan poortopolio anak. 3.
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik 4.
Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk Siswa diberi
kebebasan membuat proyek dari bahan bekas yang ada hubungan dengan bangun
balok dan kubus. 5.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 6.
Menutup dengan doa (PPK:
Religius) |
4.
Penilaian
Teknik Penilaian
a.
Sikap
Catatan
pengamatan :
Kerja
sama, disiplin dan tanggung jawab
b.
Pengetahuan:
Mengisi table unsur bangun
ruang kubus dan balok
c.
Keterampilan:
Kriteria Penilaian produk
5.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran Remidial
Siswa yang
mendapatkan nilai dibawah KKM, diberikan penjelasan materi lagi dan soal-soal
latihan
b.
Pengayaan
Siswa yang
mendapatkan nilai diatas KKM, diberikan soal yang lebih komplek
6.
Bahan
Ajar
UNSUR - UNSUR BANGUN
RUANG (BALOK, KUBUS, PRISMA, TABUNG, LIMAS DAN KERUCUT)
Unsur-unsur
sebuah bangun ruang adalah titik sudut, sisi dan rusuk. Unsur-unsur sebuah
bangun ruang menyatakan sifat-sifat bangun ruang tersebut.
1. Balok
Sifat-sifat
balok :
a. Mempunyai 6 sisi yang umumnya berbentuk
persegi panjang. Jika kita amati bangun balok di samping terdiri dari 6 sisi
yaitu : ABCD, BCGF, CDHG, ADHE, ABFE dan EFGH.
b. Mempunyai 8 titik sudut yaitu A, B, C, D, E,
F, G dan H.
c. Mempunyai 12 rususk yaitu : AB, BC, CD, AD,
AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan EH.
2. Kubus
Sifat-sifat
kubus adalah sebagai berikut :
a. Mempunyai 6 sisi yang berbentuk persegi yaitu
ABCD, CDHG, BCGF, ABFE, ADHE dan EFGH.
b. Mempunyai 8 titik sudut yaitu A, B, C, D, E,
F, G, dan H.
c. Mempunyai 12 rusuk sama panjang atau persegi
yaitu AB = BC= CD= DA= AE= EF= FB= FG= GH= HE= DH= CG.
Mencari rumus kubus dan balok
Garis AB, BC, CG, FG
disebut sisi
Rumus Volume Kubus : Sisi x Sisi x Sisi
Atau V = S³
Rumus Volume Balok
Sama halnya dengan
kubus untuk menghitung volume sebuah balok diperlukan nilai dari sisi/rusuk
panjang, lebar, serta tingginya.
Setelah didapatkan maka sisi panjang bernilai p : garis AB
sisi lebar bernilai l: garis BC
dan sisi tinggi bernilai t : garis BF
Dengan begitu, rumus volume balok ialah sebagai berikut:
V = p . l . t
Sumber:https://ayobahagiabelajar.blogspot.com/2019/12/unsur-unsur-kubus-dan-balok.html
Mengetahui Kepala SDN Panongan II Hj.EMI SUHAEMI, S.Pd.SD NIP.197303062000032004 |
|
Tangerang, 20 November 2021 Guru Kelas LASMININGSIH, S.Pd.SD NIP : 197708292006042007 |
Lampiran 1
Lembar Kerja Peserta Didik 1
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/
Semester :
VI/ 1
Materi Pembelajaran : Volume bangun kubus dan balok
1.
Tujuan:
a.
Melalui
pengamatan video , siswa dapat mendaftar unsur-unsur kubus dan balok dengan
benar
2.
Petunjuk Kegiatan:
a.
Peserta
didik membentuk kelompok, satu kelompok terdiri atas 5 anggota.
b.
Secara
berkelompok peserta didik berdiskusi mendata unsur-unsur kubus dan balok dalam
tabel
c.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
d.
Kelompok
lain menanggapi
e.
Hasil
diskusi dipajang di papan kreatifitas
Unsur-unsur
Kubus dan Balok
No |
Nama Bangun |
Gambar Bangun |
Unsur kubus |
1. |
|
|
Sisi Ttik sudut Rusuk |
2. |
|
|
Sisi : Titik sudut Rusuk |
Kesimpulan:
Lampiran
hari ke dua
Lembar Kerja Peserta Didik 2
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/
Semester :
VI/ 1
Materi Pembelajaran : Volume bangun kubus dan balok
3.
Tujuan:
a.
Melalui praktik
langsung, siswa dapat membedakan sisi kubus, panjang, lebar dan tinggi balok
b.
Melalui diskusi
siswa dapat menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan volume kubus dan balok
4.
Petunjuk Kegiatan:
a.
Carilah sisi
panjang, lebar dan tinggi kubus yang dibawa kelompok
b.
Tulislah
hasilnya pada kolom no 1
c.
Carilah
panjang, lebar dan tinggi balok yang kamu bawa
d.
Tuliskan
hasilnya pada kolom nomor 2
e.
Hitung
volume kubus pada soal no b
f.
Hitung
volume balok pada soal no,d
No |
Nama Bangun |
Gambar Bangun |
Unsur kubus |
1. |
|
|
Sisi panjang: Sisi Lebar Sisi tinggi |
2. |
|
|
Sisi panjang: Sisi Lebar Sisi tinggi |
3 |
Kubus |
Volume Kubus |
|
4 |
balok |
Volume balok |
|
Lampiran 3
Rubrik Penilaian Matematika
No |
Indikator |
Ya |
Tidak |
Catatan |
1. |
Siswa
menuliskan 4 unsur kubus |
|
|
|
2. |
Siswa
menuliskan 4 Unsur Balok |
|
|
|
3. |
Bekerja sama saat praktik |
|
|
|
4. |
Berdiskusi |
|
|
|
5. |
Siswa menghitung volume kubus |
|
|
|
6 |
Siswa menghitung volume balok |
|
|
|
Catatan Tambahan :
Lembar Observasi Pembelajaran Sosial Emosional
No |
Indikator |
Butuh Bimbingan |
Terlihat |
Membudaya |
Catatan |
1. |
Kesadaran
Diri |
|
|
|
|
2. |
Pengelolaan
diri |
|
|
|
|
3. |
Kesadaran social |
|
|
|
|
4. |
Ketrampilan Relasi |
|
|
|
|
5. |
Pengambilan Keputusan
Bertanggung Jawab |
|
|
|
|
Catatan Tambahan :
Lembar Umpan Balik Emosi Siswa
Perasaan Saya belajar hari ini |
|
|
|
Saya senang dengan… |
|
|
|
Materi yang
belum saya pahami |
|||
|
Lembar Refleksi Siswa
Indikator |
Belum Mampu |
Mampu dengan bimbingan |
Mampu dengan Mandiri |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Saya mampu
menyebutkan unsur kubus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Saya mampu
menyebutkan unsur balok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Saya mampu menghitung volume kubus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Saya mampu
menghitung volume balok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar